6 Asuransi Kesehatan Terbaik 2016 Indonesia

6 Asuransi kesehatan terbaik 2016 di Indonesia versi Asuransi365. Asuransi kesehatan sudah menjadi sebuah kebutuhan untuk hidup saat ini mengingat potensi sakit dari waktu ke waktu semakin meningkat demikian juga biaya berobat yang setiap tahun semakin menggunung. Saat ini ada begitu banyak pilihan asuransi kesehatan di Indonesia baik perusahaan lokal sampai dengan multinasional.

Asuransi kesehatan ini terkategori sebagai lifestyle insurance yaitu asuransi gaya hidup. Mengapa disebut gaya hidup ? Karena asuransi kesehatan ini memiliki begitu banyak tingkatan misal saja untuk kelas kamar perusahaan asuransi meyediakan asuransi untuk kelas kamar seharga 100 ribu per malam hingga puluhan juta per malam. Ada orang yang kalau sakit mau dirawat di kelas 2 atau kelas 3 supaya ada teman untuk mengobrol di sisi lain ada orang yang harus di kelas VIP supaya tenang dan bisa beristirahat tanpa terganggu keberadaan pasien lainnya.

Asuransi365 dalam risetnya memantau dan mendapat beberapa pilihan alternatif untuk asuransi kesehatan terbaik Indonesia dan berikut adalah 6 asuransi kesehatan terbaik 2016 di Indonesia. Penilaian ini hanya berlaku untuk asuransi kesehatan tradisonal (bukan unit link) dengan mempertimbangkan aspek manfaat, besaran premi dan popularitas perusahaan.

Posisi ke-6 dari 6 asuransi kesehatan terbaik 2016 di Indonesia adalah :

Asuransi Kesehatan Health Plus dari Lippo Insurance

6 Asuransi kesehatan terbaik 2016 - Lippo

Mendengar kata Lippo sebagian besar orang pasti sudah tahu. Ternyata Lippo tidak saja memiliki bisnis properti dan perbankan, mereka juga memiliki divisi asuransi. Salah satu produknya adalah Health Plus, asuransi ini lebih banyak dijual untuk korporat tetapi juga ada untuk individu dan keluarga.

Asuransi kesehatan Health Plus dari Lippo Insurance tergolong standar seperti asuransi kesehatan pada umumnya yang memberikan manfaat dasar dengan inner limit atau batasan manfaat.

Kelebihan Asuransi Kesehatan Health Plus dari Lippo Insurance :

  1. Manfaat biaya aneka rumah sakit seperti obat-obatan dan laboratorium yang tergolong besar misal untuk kelas kamar 600 ribu per malam manfaat biaya aneka rumah sakit ini mencapai 24 juta per kejadian.
  2. Premi asuransi tergolong murah sekali dengan manfaat yang relatif cukup baik.

Kekurangan asuransi kesehatan Health Plus dari Lippo Insurance adalah :

  1. Biaya operasi yang relatif kecil, biaya sebelum rawat inap yang juga kecil dan hanya berlaku untuk UGD saja, serta tidak ada manfaat perawatan sesudah rawat inap padahal untuk beberapa penyakit tertentu ini penting sekali.
  2. Menggunakan sistem prorata, artinya jika nasabah mengambil kelas kamar 500 ribu per malam sedangkan ketika sakit nasabah mengambil kelas kamar 1 juta maka nasabah tersebut kena prorata 500 ribu dibagi 1 juta atau pihak asuransi hanya akan mengganti biaya yang timbul sebesar 50% saja.

Berapa preminya ? Kisaran besar premi untuk nasabah usia 40 tahun dengan kelas kamar 600 ribu per malam dikenakan premi 2,15 juta per tahun. Murah bukan ?

Posisi ke-5 dari 6 asuransi kesehatan terbaik 2016 di Indonesia adalah :

Asuransi kesehatan Smile Medical dari Asuransi SinarmasMSIG

6 Asuransi kesehatan terbaik 2016 - SinarmasMSIG

Posisi urutan ke-5 dimiliki oleh perusahaan join venture antara Sinarmas dengan MSIG dari Jepang. Asuransi ini cukup unik karena nyaris tidak menerapkan proses underwriting untuk pengajuan asuransi. Nasabah hanya diberikan pertanyaan yang sangat basic yaitu berat dan tinggi badan saja, meskipun tidak menerapkan proses underwriting ternyata asuransi ini memiliki persyaratan klaim yang relatif prosedural untuk memastikan bukan penyakit existing yang diajukan klaim oleh nasabah. Proses penjualannya juga melalui telemarketing sehingga asuransi ini menjadi relatif murah secara biaya.

Kelebihan asuransi kesehatan Smile Medical dari Asuransi SinarmasMSIG adalah :

  1. Tidak menerapkan inner limit untuk setiap manfaat yang diberikan alias klaim akan dibayarkan sesuai dengan tagihan sehingga nasabah bisa klaim tagihan secara penuh kecuali untuk biaya kamar perawatan dan ruang ICU .
  2. Nyaris tidak ada proses underwriting sehingga kemungkinan asuransi anda diterima sangat besar.
  3. Biaya sebelum perawatan (7 hari) dan paska perawatan (30 hari) juga ditanggung secara penuh.
  4. Pembayaran premi yang fleksibel bisa secara tahunan atau bulanan tetapi harus menggunakan fasilitas auto debet dari kartu kredit.

Kekurangan asuransi kesehatan Smile Medical dari Asuransi SinarmasMSIG adalah :

  1. Sama seperti Lippo asuransi kesehatan ini menggunakan sistem prorata sehingga jika nasabah menginap di kelas kamar yang lebih tinggi dari plafon maka klaim sudah tidak bisa sesuai tagihan lagi tapi proporsional (pro rata) sesuai dengan perbedaan plafon harga kamar.
  2. Ada batasan tahunan untuk total biaya klaim, misal untuk kelas kamar 600 ribu total klaim yang akan dibayarkan dalam 1 tahun adalah 500 juta
  3. Pembayaran premi yang harus menggunakan kartu kredit.

Berapa preminya ? Kisaran besar premi untuk nasabah usia 40 tahun dengan kelas kamar 600 ribu per malam dikenakan premi sekitar 380 ribu per bulan atau sekitar 4 jutaan per tahun.

Posisi ke-4 dari 6 asuransi kesehatan terbaik 2016 di Indonesia adalah :

Asuransi kesehatan Avrist Sehati dari Asuransi Avrist

6 Asuransi kesehatan terbaik 2016 - Avrist

Asuransi ini cukup unik karena memiliki range harga kamar yang sangat panjang mulai dari harga 200 ribu hingga 2,5 juta per malam. Untuk kelas kamar 200 ribu hingga 850 ribu menggunakan sistem inner limit tetapi untuk kelas kamar 1,25 juta hingga 2,5 juta sudah tidak menggunakan inner limit tapi dibayar sesuai tagihan. Asuransi Avrist Sehati ini juga memberikan manfaat tambahan untuk rawat jalan kemoterapi dan haemodyalisis (cuci darah) untuk setiap kelas kamar meskipun secara besaran nilai relatif kecil.

Kelebihan asuransi kesehatan Avrist Sehati dari Asuransi Avrist adalah :

  1. Range pilihan kelas kamar yang sangat panjang mulai dari 200 ribu hingga 2,5 juta per malam
  2. Untuk kelas kamar 1,25 juta ke atas sudah menggunakan sistem klaim sesuai tagihan.
  3. Adanya manfaat tambahan untuk rawat jalan kemoterapi dan haemodyalisis
  4. Manfaat rawat jalan sesudah rawat inap sangat panjang yaitu 60 hari, ini sangat bermanfaat untuk nasabah dengan jenis penyakit yang kronis yang akan bolak balik rumah sakit sesudah rawat inap.
  5. Biaya premi yang relatif murah dengan manfaat yang cukup melimpah

Kekurangan asuransi kesehatan Avrist Sehati dari Asuransi Avrist adalah :

  1. Sama seperti Lippo asuransi kesehatan menggunakan sistem prorata sehingga jika nasabah menginap di kelas kamar yang lebih tinggi dari plafon klaim sudah tidak bisa sesuai tagihan lagi tapi proporsional sesuai dengan perbedaan plafon harga kamar.
  2. Ada batasan tahunan untuk total biaya klaim yang relatif kecil, misal untuk kelas kamar 600 ribu total klaim yang akan dibayarkan dalam 1 tahun adalah 250 juta
  3. Meskipun ada manfaat tambahan untuk rawat jalan kemoterapi dan haemodyalisis tetapi secara nilai tergolong relatif kecil

Berapa preminya ? Kisaran besar premi untuk nasabah usia 40 tahun dengan kelas kamar 600 ribu per malam dikenakan premi sekitar 2,6 juta per tahun.

Posisi ke-3 dari 6 asuransi kesehatan terbaik 2016 di Indonesia adalah :

Asuransi kesehatan Smart Premier dari Asuransi Allianz

6 Asuransi kesehatan terbaik 2016 - Allianz

Untuk urusan nama besar, Allianz sudah tidak perlu diragukan lagi tentunya. Meskipun Allianz lebih populer dengan produk unit link tetapi ternyata untuk asuransi kesehatannya juga dijual secara tradisional atau lepasan. Smart Premier tergolong unik karena menerapkan sistem hibrid yaitu klaim sesuai tagihan dan juga inner limit. Inner limit akan diberlakukan jika kelas kamar yang diambil melebihi plafon kelas kamar yang dipilih. Misalkan nasabah mengambil kelas kamar 1 juta per malam, bila si nasabah dirawat di kamar dengan harga di bawah 1 juta maka klaim akan dibayarkan sesuai tagihan tetapi bila di atas 1 juta maka akan kena inner limit. Hibrid sistem ini menggantikan sistem prorata yang ada di dunia asuransi kesehatan pada umumnya

Kelebihan asuransi kesehatan Smart Premier dari Asuransi Allianz adalah :

  1. Tersedia kelas kamar premium 6 juta per malam artinya untuk nasabah yang kiblat berobat ke singapura ini dapat menjadi pilihan
  2. Ada manfaat tambahan untuk penderita yang terinveksi HIV/AIDS
  3. Adanya manfaat tambahan untuk rawat jalan kemoterapi dan haemodyalisis yang relatif besar
  4. Untuk inner limit manfaat biaya operasi tergolong besar
  5. Bila kelas kamar masih dibawah manfaat yang diambil berlaku klaim sesuai tagihan tetapi kalau diatas kena inner limit dan bukan sistem prorata.

Kekurangan asuransi kesehatan Smart Premier dari Asuransi Allianz adalah :

  1. Tidak semua klaim bisa dibayarkan sesuai tagihan bila melebihi batas manfaat harga kamar
  2. Premi yang relatif mahal
  3. Manfaat inner limit untuk biaya aneka rumah sakit tergolong sangat kecil

Berapa preminya ? Kisaran besar premi untuk nasabah usia 40 tahun dengan kelas kamar 750 ribu per malam dikenakan premi sekitar 5,6 juta per tahun.

Posisi ke-2 dari 6 asuransi kesehatan terbaik 2016 di Indonesia adalah :

Asuransi kesehatan MiUltimate dari Asuransi Manulife

6 Asuransi kesehatan terbaik 2016 - Manulife

Produk MiUltimate dari manulife ini tergolong masih sangat baru dan boleh dibilang asuransi ini tampil sangat unik dengan adanya fasilitas rumah sakit di Indonesia dengan luar negeri. Kita mengetahui bagaimana besarnya biaya kamar rumah sakit di Singapura dibandingkan dengan di Indonesia, sebagai contoh biaya kamar termurah untuk turis di Singapore General Hospital sekitar 250 S$ atau sekitar 2,5 juta per malam. Nah MiUltimate ini menggunakan 2 kriteria biaya kamar per malam dimana apabila nasabah berobat di luar negeri maka biaya kamar akan menjadi 3 kali lipat dari plafon harga kamar di Indonesia. Misal nasabah mengambil kelas kamar 1 juta di Indonesia maka di luar negeri kelas kamar menjadi 3 juta per malam.

Selain manfaat yang menarik, MiUltimate dari Manulife ini juga menekankan perlunya nasabah untuk memiliki pola hidup sehat sehingga setiap nasabah akan diberikan gelang kesehatan untuk memantau kesehatan nasabah dari hari ke hari dan menjadi bagian dari diskon untuk premi tahun berikutnya bila nasabah sering mengirimkan data kesehatannya melalui gelang kesehatan yang terintegrasi langsung dengan HP android atau iphone anda.

Kelebihan asuransi kesehatan MiUltimate dari Asuransi Manulife adalah :

  1. Dual sistem biaya kamar sehingga memudahkan nasabah yang memiliki orientasi berobat ke luar negeri dengan biaya premi setara biaya berobat di Indonesia
  2. Biaya pengobatan dibayarkan 100% atau ditanggung sesuai tagihan selama tidak melebihi plafon biaya kamar per malam
  3. Adanya biaya rawat jalan setelah rawat inap selama 60 hari termasuk di dalamnya untuk perawatan fisioterapi
  4. Adanya manfaat tambahan untuk rawat jalan kemoterapi dan haemodyalisis yang tergolong sangat besar, misal untuk kelas kamar 1 juta per malam biaya perawatan kanker dan haemodyalisis ini mencapai 300 juta per tahun
  5. Ada manfaat tambahan untuk penderita yang terinveksi HIV/AIDS
  6. Ada manfaat untuk biaya pemakaman sebesar 30 juta untuk semua kelas kamar yang dipilih

Kekurangan asuransi kesehatan MiUltimate dari Asuransi Manulife ini adalah :

  1. Masih menggunakan sistem prorata bila kamar yang diambil melebihi plafon kamar
  2. Premi yang relatif mahal

Berapa preminya ? Kisaran besar premi untuk nasabah usia 40 tahun dengan kelas kamar per malam 1 juta di Indonesia dan 3 juta di luar negeri dikenakan premi sekitar 7,3 juta per tahun.

Posisi ke-1 dari 6 asuransi kesehatan terbaik 2016 di Indonesia adalah :

Asuransi kesehatan International Health Plan dari Pacific Cross (FPG Indonesia)

6 Asuransi kesehatan terbaik 2016 - Pacific Cross

Mendengar kata Pacific Cross pasti masih sangat jarang di telinga anda. Asuransi Pacific Cross ini bermarkas di Hongkong. Awalnya Pacific Cross ini bekerjasama dengan mitra asuransi lokal Indonesia yaitu Asuransi Indrapura yang sebenarnya adalah pemain lama di dunia asuransi umum. Saat ini Asuransi Indrapura juga sudah diakuisisi oleh FGP group yang bermarkas di Hongkong menjadi FPG Indonesia. Sehingga saat ini di Indonesia Pacific Cross ini berkerjasama dengan FPG Indonesia.

Asuransi dari Pacific Cross ini tergolong sangat istimewa karena berstandar internasional. Ada beberapa produk yang dimiliki oleh Pacific Cross mulai dari yang middle class hingga high class. Salah satu produknya yang bagi Asuransi365 anggap sebagai asuransi kesehatan terbaik adalah International Health Plan. Kalau dari namanya kita sudah pasti bisa menebak kalau asuransi ini fokus untuk para nasabah yang berorientasi berobat di dalam negeri maupun luar negeri. Semua manfaat asuransi bisa anda dapatkan dari produk ini meskipun anda harus merogoh dompet dengan nilai yang cukup besar dalam mata uang USD. Saya menggunakan produk ini sejak 3 tahun lalu untuk keluarga dan awalnya terasa ringan karena 1 USD hanya 8500 tetapi sekarang ketika dollar sudah 14000 terasa cukup berat juga secara preminya. Ini dia kelebihan dan kekurangan asuransi kesehatan no 1 di Indonesia tahun 2016 ini.

Kelebihan asuransi kesehatan International Health Plan dari Asuransi Pacific Cross adalah :

  1. Tidak menganut sistem harga kamar seperti 5 asuransi di atas tetapi menggunakan sistem kelas kamar private (setara VIP) atau semi private (setara kelas 1). Untuk produk International Health Plan ini untuk berobat di Indonesia, Malaysia dan Singapura anda akan mendapatkan kelas kamar private. Jadi yang orientasi berobat ke Singapura ini adalah opsi yang terbaik
  2. Biaya pengobatan dibayarkan 100% atau ditanggung sesuai tagihan untuk semua manfaat dasar seperti obat-obatan, operasi, laboratorium dan kemoterapi
  3. Dalam manfaat rawat inap ada manfaat untuk melahirkan dengan besar manfaat maksimal 5.000 USD atau sekitar 70 juta.
  4. Ada manfaat tambahan untuk penderita yang terinveksi HIV/AIDS
  5. Ada klausul renewal guarantee, ini sebenarnya sangat penting bagi nasabah dimana perusahaan asuransi akan memberikan garansi perpanjangan polis apapun situasi kesehatan yang dialami nasabah selama masa tanggungan.
  6. Meskipun premi tergolong mahal nasabah memiliki 3 opsi diskon hingga 75% dari premi dasar apabila nasabah tidak mengambil manfaat pengobatan di Hongkong, Amerika, Canada, Jepang (diskon 25%) kemudian tidak mengambil manfaat rawat jalan (diskon 25%) dan mengambil co-payment atau own risk sebesar 20% (diskon 25%)

Kekurangan asuransi kesehatan International Health Plan dari Pacific Cross ini adalah :

  1. Tidak ada gading yang tak retak, salah satu kekurangan yang paling mendasar adalah manfaat haemodyalisis atau cuci darah tidak termasuk dalam manfaat rawat inap tetapi masuk ke kategori rawat jalan, sehingga kalau mau mengambil manfaat ini maka nasabah harus menambah premi lagi untuk biaya rawat jalan yang cukup besar.
  2. Premi yang tergolong mahal dan berfluktuasi karena dalam mata uang USD.
  3. Sistem klaim untuk biaya rumah sakit di bawah 2500 USD menggunakan sistem reimbursment dan kalau di atas itu baru cashless dengan menggunakan metoda garansi perusahaan asuransi ke rumah sakit.

Berapa preminya ? Kisaran besar premi untuk nasabah usia 40 tahun dikenakan premi dasar sebesar 2926 USD atau sekitar 40 jutaan untuk seluruh manfaat dan nasabah memiliki opsi diskon hingga 75% apabila tidak mengambil seluruh manfaat. Besar opsi diskon sebagai berikut :

6 Asuransi kesehatan terbaik 2016

Jadi kalau nasabah mengambil seluruh manfaat diskon 75% maka besar premi menjadi 732 USD atau sekitar 10 juta per tahun. Gimana mahal ? Kalau dibandingkan dengan manfaatnya sepertinya cukup setara untuk orang-orang yang kiblat berobatnya ke luar negeri khususnya Singapura.

Untuk mempermudah perbandingan berikut adalah tabel 6 asuransi kesehatan terbaik 2016 versi Asuransi365 :

6 Asuransi kesehatan terbaik 2016 - Comparison

Catatan : Manfaat yang ditampilkan di atas hanyalah manfaat utama saja, setiap perusahaan asuransi memberikan manfaat tambahan yang sangat beragam dan 6 asuransi kesehatan terbaik 2016 versi Asuransi365 yang ditampilkan di sini hanyalah sebuah riset yang dilakukan oleh Asuransi365 dan riset ini bisa saja terjadi kesalahan dalam interpretasi sehingga untuk manfaat yang lebih tepat atau pasti silakan menghubungi perusahaan asuransi yang bersangkutan.

Salam Cerdas Finansial,

Asuransi365
Free konsultasi asuransi & investasi : 0811.929.365

 
Asuransi365
Hai, saya Andreas seorang Certified Financial Planner (CFP) & Insurance Consultant. Untuk free konsultasi seputar perencanaan keuangan dan asuransi silakan kontak saya via Telp/WA di 0811.929.365

6 COMMENTS

    • Hai Pak, untuk yang terbaik saat ini ada di Pacific Cross, silakan WA saya di 0811.128.338 untuk diskusi lebih lanjut ya Pak. Thanks.

    • Kalau yang personal tidak ada pak. Kalau mau yang ada rawat jalan juga dengan harga yang masih masuk akal bisa ambil M-Safe dari Pacific Cross

Leave a Reply