Asuransi Itu Bayar Seumur Hidup – Gak Ada Yang Gratis

Asuransi Itu Bayar Seumur Hidup – Gak Ada Yang Gratis. Lagi-lagi dalam minggu ini saya mendapatkan sebuah cerita dari seorang klien tentang asuransi yang dia miliki. Singkat cerita asuransinya sudah berumur 10 tahun alias sudah bayar selama 10 tahun dan katanya dulu diinformasikan bahwa kalau sudah 10 tahun gak perlu bayar lagi, eh tapi tiba-tiba ditelp supaya terus bayar agar asuransinya tidak lapse alias mati suri.

Banyak agen dan nasabah yang salah mengerti masalah pembayaran premi unit link ini, masih banyak sekali anggapan bahwa asuransi unit link itu hanya cukup bayar 10 tahun dan abis itu tidak perlu bayar lagi. Statement ini memang rada membingungkan dan kadang bisa menyesatkan. Mari simak beberapa penjelasan saya mengenai hal ini.

Pertama, kalau ada asuransi yang gratis coba bayangkan dan pikir gimana tuh perusahaan asuransi bisa hidup ? Apalagi unit link itu mengcover sampai usia 100 tahun loh. Secara logika sederhana kita bisa mengatakan rasanya kalau asuransi itu gratis alias gak perlu bayar lagi setelah 10 tahun maka semua perusahaan asuransi pasti gulung tikar karena wajib membayarkan klaim nasabah yang pasti akan meninggal sebelum usia 100 tahun. So apakah yakin ada asuransi yang gratis ? Hehehe

Kedua, yang namanya unit link itu adalah sebuah produk hybrid yang menggabungkan antara produk dasar asuransi dengan investasi. Ini juga penting untuk dicatat ya bahwa unit link itu produk utamanya adalah asuransi dan bukan investasi jadi jangan dibalik-balik ya. Hehehe. Kalau ada agen yang jual unit link tapi fokus ke investasi bukan asuransi sudah termasuk kategori penistaan terhadap produk asuransi. Hehehe. Kalau ekonomi dalam kondisi baik maka dengan adanya unsur investasi ini akan membuat uang anda bertambah jumlahnya setiap tahun. Pada tahun ke-10 bisa saja anda berhenti membayarkan yang namanya premi tetapi sebenarnya asuransi anda bukan menjadi gratis tetapi akan dibayarkan oleh uang hasil investasi anda selama 10 tahun pertama itu. So artinya bayar terus khan sampai meninggal bukan dapat asuransi secara gratis loh. Hanya cara bayarnya saja yang beda dimana 10 tahun pertama anda setor uang secara langsung dan setelah itu bayarnya motong dari hasil investasi.

asuransi itu bayar seumur hidup

Ketiga, investasi itu ada risiko yang bisa membuat uang anda tidak bertumbuh secara baik di unit link yang kalau ini terjadi maka ada kemungkinan hasil investasi di 10 tahun pertama anda tidak akan mencukupi untuk membayar asuransi anda sampai usia 100 tahun. Nah kalau ini terjadi maka anda wajib menyetor kembali sejumlah uang untuk membuat polis anda tetap aktif sampai anda meninggal dunia.

Keempat, terkait dengan menyetorkan kembali sejumlah uang ke perusahaan asuransi setelah tahun ke-10 harusnya anda cek dulu apakah dengan membayar lagi premi asuransi tersebut cukup worthed dengan uang pertanggungan jiwa yang anda dapatkan. Saya dapat menyakinkan anda bahwa di atas 80% asuransi yang dimiliki setelah 10 tahun itu pasti underinsured alias tidak relevan lagi dengan kebutuhan yang anda harus miliki pada saat ini. Untuk kondisi ini maka saran saya kalau anda masih sehat ambil saja polis baru dengan uang pertanggungan baru yang jauh lebih besar kemudian gunakan uang hasil investasi anda di polis pertama untuk membayar preminya.

Nah setelah membaca artikel ini pasti anda masih bingung bukan ? Hehehe tapi wajarlah bingung soalnya anda khan pekerjaan sehari-harinya bukan ngurusin hal seperti ini maka serahkan saja kepada ahlinya yang bernama Financial Planner yang akan membantu anda untuk merapikan aspek perencanaan keuangan yang bernama asuransi ini.

Ingat ini hal penting yang harus anda urus segera, jangan sampai anda membuang uang anda setiap bulan secara percuma tanpa ada manfaat yang cukup yang anda dapatkan.

Silakan hubungi kami di 0811.929.365 untuk free konsultasi, bisa via call atau WA atau Telegram.

Salam Cerdas Finansial

 
Asuransi365
Hai, saya Andreas seorang Certified Financial Planner (CFP) & Insurance Consultant. Untuk free konsultasi seputar perencanaan keuangan dan asuransi silakan kontak saya via Telp/WA di 0811.929.365

Leave a Reply