Asuransi Kesehatan Anak : Kualitas Premiun Harga Bersahabat

Asuransi kesehatan anak, itu salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh seorang anak selain investasi untuk dana pendidikan mereka. Kali ini kita akan bicarakan tentang asuransi kesehatan anak dulu ya dan untuk investasi pendidikan anak akan kita bahas di artikel berikutnya. Nah untuk memilih asuransi kesehatan anak ini saya kira kita semua perlu dapat pengetahuan dulu tentang apa itu asuransi kesehatan dan hal-hal yang berhubungan dengan asuransi kesehatan sehingga anda sebagai orang tua paham dulu sehingga dapat memilih asuransi kesehatan anak yang terbaik.

Asuransi Kesehatan Anak

Untuk asuransi kesehatan itu sebenarnya tersedia dalam banyak sekali pilihan, salah satu pilihan yang sangat murah adalah BPJS dengan nilai premi 40-50 ribu sebulan kita bisa mendapatkan manfaat asuransi kesehatan yang komplit, meskipun secara prosedural memang tidak semudah asuransi kesehatan dari swasta. Artikel ini tidak akan fokus pada asuransi BPJS ini tetapi mencoba melihat dari sisi asuransi swasta saja ya.

Banyak orang atau orang tua yang salah mengartikan asuransi kesehatan dengan tunjangan harian rawat inap, saya sangat sering menjumpai hal ini dimana klien membutuhkan asuransi kesehatan tetapi diberikan oleh si agen tunjangan harian rawat inap. Apa sih bedanya ?

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang memang akan menggantikan seluruh biaya medis yang berhubungan dengan proses penyembuhan pasien, misalkan biaya kamar rawat inap, biaya dokter, biaya obat-obatan, biaya laboratorium, biaya kemoterapi, dll. Perusahaan asuransi akan membayar semua biaya medis tersebut secara penuh atau sampai pada batasan limit tertentu.

Sedangkan tunjangan harian rawat inap, ini adalah asuransi yang hanya akan membayarkan kepada pasien sejumlah uang tertentu dikalikan dengan jumlah hari ia dirawat inap. Misalkan pasien ambil tunjangan rawat inap 500 ribu per malam dan kemudian dia dirawat karena typus selama 4 hari maka total yang akan dibayarkan oleh pihak asuransi adalah sebesar 4 x 500 ribu atau 2 juta saja. Asuransi tunjangan rawat inap ini biasanya saya sarankan untuk orang-orang yang kerja sebagai self employee sebagai pelengkap asuransi kesehatan. Misalkan ada seorang penjual bakso setiap hari mendapatkan keuntungan bersih 300 ribu maka dia bisa saja membeli asuransi kesehatan plus tunjangan harian rawat inap. Sehingga kalau dia sakit dan harus rawat inap selama 5 hari dengan total biaya 10 juta maka seluruh biaya 10 juta ini akan dibayarkan melalui asuransi kesehatan plus dia juga mendapatkan santunan uang tunai 5 x 300 ribu atau sebesar 1,5 juta yang setara dengan penghasilan dia selama 5 hari meskipun dia tidak bekerja karena harus masuk rumah sakit.

Asuransi Kesehatan Anak Kamar VIP – Premi 3 Jutaan Per TahunInformasi Detail

Saya tidak akan membahas tentang asuransi tunjangan rawat inap karena ini hanya bersifat sebagai pelengkap saja. Untuk asuransi kesehatan sendiri secara umum dibagi menjadi 2 yaitu :

  1. Asuransi rawat inap, adalah asuransi yang akan menggantikan biaya apabila si pasien yang merupakan tertanggung sakit dan harus dilakukan penanganan secara rawat inap. Contoh rawat inap adalah pasien yang sakit demam berdarah atau operasi amandel. Rawat inap karena demam berdarah atau operasi amandel biasanya perlu dirawat 3-5 hari di rumah sakit.
  2. Asuransi rawat jalan, adalah asuransi yang akan menggantikan biaya pengobatan yang dilakukan dalam proses penyembuhan pasien tetapi tidak sampai memerlukan rawat inap alias setelah berobat pasien dapat pulang dan cukup istirahat di rumah. Contoh rawat jalan adalah pasien yang sakit flu cukup ke dokter, diperiksa, diberikan obat flu, pulang dan istirahat di rumah.

Mana pilihan yang harus diprioritaskan untuk dipilih sebagai asuransi kesehatan anak ? Idealnya adalah kedua-duanya baik rawat jalan ataupun rawat inap. Tapi kalau ambil keduanya tentu akan membebankan orang tua dalam hal membayar premi setiap bulan atau setiap tahunnya, sehingga banyak perencana keuangan merekomendasikan untuk prioritas asuransi rawat inap saja dan kalaupun untuk rawat jalan bisa menggunakan dana darurat.

Asuransi kesehatan masuk pada kategori asuransi lifestyle dimana sangat disesuaikan dengan gaya hidup pasien atau orang tua si anak. Untuk rawat jalan ada orang tua yang mengatakan cukup di klinik biasa saja yang hanya bayar 50-100 ribuan atau ada yang mengatakan harus ke rumah sakit atau ke klinik spesialis anak yang membutuhkan biaya sekali berobat sekitar 500 ribuan.

Asuransi Kesehatan Anak

Setelah kita tahu apakah kita akan ambil rawat inap saja atau plus rawat jalan maka anda juga harus paham batasan manfaat yang akan dibayarkan kalau terjadi proses klaim. Batasan manfaat ini umumnya ada 2 sistem yaitu :

  1. Sistem inner limit, yaitu asuransi kesehatan yang manfaatnya dibatasi dengan nilai limit tertentu. Misalkan biaya kunjungan dokter yang merawat 250 ribu per kunjungan per hari, obat-obatan senilai 20 juta per penyakit per tahun. Dengan inner limit ini artinya apabila biaya berobat yang dikeluarkan pasien lebih besar daripada batasan inner limit maka si pasien harus membayar dengan uang pribadi kelebihan tersebut alias nombok. Asuransi dengan menggunakan sistem inner limit ini umumnya secara premi menjadi lebih murah karena risiko yang ditanggung oleh perusahaan asuransi menjadi lebih bisa diprediksi.
  2. Sistem as charge atau sesuai tagihan, yaitu asuransi kesehatan yang akan membayarkan biaya kesehatan secara penuh sesuai dengan besaran yang ditagihkan oleh pihak rumah sakit tanpa ada batasan inner limit. Dengan sistem as charge seperti ini maka pasien akan lebih tenang dalam proses terapi pengobatan karena berapapun biaya yang diperlukan akan dibayarkan oleh pihak asuransi. Untuk mengurangi risiko biasanya pihak rumah sakit akan memberikan batasan sesuai dengan harga kamar atau limit tahunan. Misalkan limit tahunan 250 juta meskipun as charge maka perusahaan asuransi hanya akan membayarkan maksimal 250 juta kepada pasien dalam 1 tahun.

Baik inner limit ataupun cashless buat anda yang akan mengambil asuransi kesehatan ini harus cek apakah asuransi tersebut menggunakan sistem prorata atau tidak. Apa itu prorata ? Prorata adalah sebuah sistem yang dimiliki oleh perusahaan asuransi untuk membatasi risiko yang bisa dialami. Prorata ini akan membatasi perusahaan asuransi apabila pasien mengambil kelas kamar yang melebihi limit yang diberikan. Di banyak rumah sakit untuk kamar kelas 1 dan 3 selain berbeda biaya kamar juga akan dibedakan untuk semua biaya medis lainnya. Istilah pihak rumah sakit untuk melakukan subsidi silang. Gimana cara kerja sistem prorata ini ? Misalkan pasien mengambil asuransi kesehatan dengan harga kamar 500 ribu per malam, kemudian dia sakit dan berobat di Singapura dengan harga kamar 2,5 juta per malam dan total biaya medis yang dikeluarkan sebesar 100 juta maka pihak asuransi akan membayarkan klaim kepada pasien sebesar 500 ribu dibagi 2,5 juta dikalikan 100 juta atau sekitar 20 juta saja. Coba bayangkan kalau ini terjadi kepada anda, maka yang 80 juta wajib anda bayar dari dompet anda pribadi. Maka kalau asuransi kesehatan menggunakan sistem prorata anda harus sudah menentukan di awal kalau sakit mau berobat dimana ? Kalau Indonesia dan Malaysia cukup sekitar 500-750 ribu per malam sedangkan untuk Singapura anda perlu ambil harga kamar per malam 2,5 sampai dengan 6 juta.

Mana yang cocok untuk asuransi kesehatan anak ? Menurut saya lebih baik ambil saja yang as charge sehingga sebagai orang tua tidak perlu khawatir akan membengkaknya biaya perawatan anak kalau sampai harus menjalani rawat inap ataupun rawat jalan. Tapi ingat ya harus hati-hati dengan sistem prorata meskipun manfaatnya as charge.

Kemudian untuk metoda pembayaran klaim biaya perawatan selama sakit ini juga ada 2 jenis yaitu :

  1. Cashless, artinya nasabah tidak perlu keluar uang di muka untuk jaminan ini dan itu karena seluruh biaya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi yang langsung bekerjasama dengan pihak rumah sakit. Cashless ini menggunakan prinsip seperti kartu kredit, dimana pasien cukup menunjukkan kartu asuransi kesehatan untuk selanjutnya diproses oleh pihak rumah sakit dengan pihak asuransi. Cashless bukan berarti tidak ada biaya sama sekali loh ya. Biasanya di awal masuk memang tidak ada biaya tetapi sewaktu pulang bisa jadi ada biaya tambahan yang harus dibayarkan oleh nasabah yang bisa diakibatkan oleh limit manfaat yang sudah melebihi batas atau ada biaya yang memang tidak bisa diklaim ke pihak asuransi misalnya biaya sarung tangan tenaga medis, pemeriksaan laboratorium yang tidak ada hubungannya dengan sakit yang diderita atau biaya makan, telepon dan laundry.
  2. Reimburstment, ini metoda dimana seluruh biaya rumah sakit akan ditanggung terlebih dahulu oleh pasien mulai dari saat masuk hingga keluar dari rumah sakit. Kemudian seluruh biaya yang dikeluarkan yang dibuktikan dengan kuitansi asli diserahkan ke pihak asuransi untuk dianalisis dan dibayarkan sesuai dengan manfaat yang dimiliki oleh pasien dan limit manfaat yang menjadi batasan klaim.

Kalau untuk asuransi kesehatan anak ataupun dewasa memang yang paling enak sistem cashless meskipun akan sedikit lebih mahal tetapi saat ini rata-rata hampir semua perusahaan asuransi sudah menggunakan sistem cashless kecuali untuk asuransi rawat jalan biasanya pasti masih menggunakan sistem reimburstment.

Asuransi Kesehatan Anak

Nah sekarang ketika anda sudah cukup memahami prinsip-prinsip asuransi kesehatan, maka untuk anda yang sedang mencari asuransi kesehatan anak maka ada sebuah rekomendasi yang dapat anda pilih dengan kualitas premium dan premi yang cukup bersahabat. Asuransi kesehatan anak yang dimaksud berasal dari sebuah perusahaan asuransi yang berbasis di Hongkong dan besar di Thailand dan Filipina yaitu Asuransi Pacific Cross. Salah satu produknya yang dapat dipilih adalah M-Secure dengan ringkasan manfaat sebagai berikut :

  1. Kelas kamar private dengan batasan harga maksimal 2,5 juta per malam
  2. Manfaat utama rawat inap dibayarkan as charge termasuk biaya kemoterapi
  3. Manfaat rawat jalan dibayarkan as charge termasuk dokter, fisioterapi, akupuntur, laboratorium, rontgen dan chiropractor
  4. Cashless untuk manfaat rawat inap dan reimbursment untuk rawat jalan

Premi yang perlu dibayarkan oleh orangtua untuk anak berusia 5-18 tahun adalah mulai dari 3 jutaan per tahun. Bagaimana ? Apakah cukup murah ? Untuk informasi lebih detail silakan klik Asuransi Kesehatan Anak Kamar VIP Premi 3 Jutaan.

Untuk konsultasi seputar perencanaan keuangan khususnya dunia asuransi silakan WA ke nomor 0811.929.365. Terima kasih.

Salam Cerdas Finansial

 
Asuransi365
Hai, saya Andreas seorang Certified Financial Planner (CFP) & Insurance Consultant. Untuk free konsultasi seputar perencanaan keuangan dan asuransi silakan kontak saya via Telp/WA di 0811.929.365

Leave a Reply