Asuransi Pendidikan Anak Unit Link Allianz – Setelah sekian lama saya vacum karena padatnya aktifitas mengajar perencanaan keuangan dari perusahaan ke perusahaan akhirnya sekarang saya bisa nulis lagi di blog asuransi365 yang tercinta ini. Kali ini saya mau membahas masalah investasi dan juga asuransi dalam 1 produk yang bernama unit link. Artikel ini sebenarnya masih berkaitan dengan artikel sebelumnya tentang asuransi dan investasi yang benar dengan unit link.

Dalam banyak kasus ketika mengajarkan produk investasi seperti reksadana atau saham, masih saja ada banyak keraguan untuk take action dan yang lebih parah lagi sebenarnya kesadaran asuransi seseorang itu masih jauh lebih rendah dibandingkan dengan kesadaran akan perlunya investasi. Perlu saya sampaikan bahwa investasi anda tidak akan terlalu banyak manfaat kalau anda tidak memiliki sebuah proteksi asuransi yang memadai. Sehingga investasi itu wajib hukumnya dan asuransi juga mempunyai kedudukan yang sama yaitu wajib punya.

Sekarang kita bicara masalah yang lebih sempit saja dulu tentang pendidikan anak. Kalau ada orang yang hanya fokus pada investasi pendidikan saja baik melalui saham ataupun reksadana tanpa adanya perlindungan asuransi yang tepat, ini seperti sebuah ranjau bom yang bisa meledak kalau tersenggol. Demikian juga sebaliknya orang yang hanya fokus pada asuransi tanpa investasi ibarat orang berjalan dari Jakarta menuju Bandung tetapi matanya tertutup yang artinya bisa kesasar kemana-mana.

Kita ambil contoh misalkan anak anda usia 2 tahun dibelikan investasi secara rutin di reksadana saham sebesar 1 juta per bulan dengan harapan hasil investasi sekitar 500 juta di 15 tahun mendatang untuk biaya kuliahnya. Coba bayangkan apa yang terjadi kalau dalam 5 tahun ke depan orangtua yang memberi nafkah tersebut mengalami kecelakaan sehingga mengakibatkan cacat tetap total yang menyebabkan ia tidak bisa bekerja lagi ? Kalau tanpa adanya asuransi mau diambil dari mana uang untuk investasi 1 juta tersebut ? Hal terparah yang bisa terjadi adalah investasi pendidikan anak bisa berhenti dan pengeluaran keluarga tambah membengkak untuk biaya pengobatan sang orangtua.

Jadi bisa membayangkan investasi tanpa asuransi itu seperti sebuah ranjau bom yang bisa meledak kalau tersenggol ?

Asuransi Pendidikan Anak Unit Link Allianz

Kembali ke judul Asuransi Pendidikan Anak Unit Link Allianz, ini hanyalah sebuah alternatif untuk anda yang memiliki dana terbatas dengan pengetahuan yang sangat minim tentang investasi. Saya tidak mengatakan ini pilihan yang terbaik karena unit link ini punya banyak kekurangan yang fundamental tetapi produk ini bisa menjadi alternatif pilihan untuk memproteksi diri anda sekaligus berinvestasi. Bagaimana mekanismenya ? Mari kita hitung dengan asumsi usia anak 2 tahun dan ayah 35 tahun.

Pertama, hitung kebutuhan uang di masa mendatang yang diperlukan dengan kalkulator perencanaan keuangan. Misalkan untuk kuliah anak diperlukan dana sekitar 500 juta di 15 tahun mendatang, maka jadikan ini sebagai tujuan keuangan anda.

Kedua, minta agen asuransi unit link anda untuk menghitung agar dalam waktu 15 tahun mendatang bisa mendapatkan hasil investasi sekitar 500 juta dengan asumsi pertumbuhan investasi konservatif-moderat di 13% rata-rata per tahun. Lama investasi 15 tahun dan penempatan dana investasi di Equity Fund.

Ketiga, sewaktu membuat ilustrasi unit link ini siapa yang jadi tertanggungnya ? Anak dan bukan orangtua, ini yang sering dianggap sebagai penyimpangan asuransi oleh banyak perencana keuangan. Tetapi sebenarnya ini hanya sebuah trik saja untuk memanfaatkan rider atau asuransi tambahan dalam unit link untuk melindungi ayah si pencari nafkah.

Keempat, ini yang paling penting yaitu buat uang pertanggungan jiwa paling minimal untuk anak karena ini bukan tujuan utama kita kemudian ambil rider atau asuransi tambahan berupa pembebasan premi atau free premi kalau pembayar premi (ayah) meninggal dunia, cacat tetap total dan terserang penyakit kritis.

Kelima, pastikan anda juga meminta agen untuk menempatkan premi berkala sekecil mungkin dan perbesar premi top up berkalanya. Mengapa kita harus lakukan ? Supaya anda tidak terkena biaya akuisisi yang besar di 5 tahun pertama. Bisa jadi tidak semua agen mau melakukan ini karena komisi beliau akan menjadi sangat kecil.

Bagaimana hasilnya asuransi pendidikan anak unit link Allianz yang dimaksud ? Ini dia manfaat yang didapatkan :

Asuransi Pendidikan Anak Unit Link Allianz - ManfaatKemudian ini ringkasan asumsi manfaat hasil investasinya :

Asuransi Pendidikan Anak Unit Link Allianz - IlustrasiIni bukanlah produk yang sempurna tetapi dengan mengambil produk ini maka anda akan melakukan investasi dan asuransi secara rutin kepada anak anda sebesar 1,2 juta per bulan selama 15 tahun. Kalau saja anda sebagai ayah tidak meninggal dunia selama 15 tahun mendatang maka anda akan mendapatkan uang sekitar 536 juta untuk anak anda kuliah tetapi kalau saja dalam perjalanan 15 tahun ke depan anda mengalami musibah kematian, cacat tetap total ataupun terserang penyakit kritis stadium lanjut maka premi 1,2 juta per bulan anda akan menjadi free alias anda tidak perlu bayar lagi dan pihak asuransi akan membayarkan premi tersebut hingga anda seolah-olah sampai usia 65 tahun atau sampai anak anda berusia 32 tahun. Kalau ini sampai terjadi maka anak anda akan tetap mendapatkan dana sekitar 536 juta di 15 tahun mendatang meskipun anda mengalami musibah kematian, cacat tetap total ataupun terserang penyakit kritis stadium lanjut.

Tetapi HARAP DIBACA BAIK-BAIK bagian terakhir artikel ini yaitu hasil investasi yang ditampilkan di dalam ilustrasi bukanlah kontrak kepastian hasil investasi. Ingat investasi di unit link ini sama dengan investasi di reksadana atau saham yaitu hasil investasi tidak bisa dipastikan. Kita hanya mengambil asumsi saja yaitu pertumbuhan sekitar 13% rata-rata per tahun dengan pendekatan konservatif-moderat. Sehingga angka 536 juta yang ada di ilustasi itu hanyalah sebuah asumsi dimana pada kenyataannya bisa saja lebih kecil ataupun lebih besar tergantung kepada kondisi ekonomi nasional, internasional dan kepandaian perusahaan asuransi dalam mengelola dana investasinya.

Bagaimana dengan pendekatan investasi di reksadana dan ambil asuransi secara terpisah dibandingkan dengan Asuransi Pendidikan Anak Unit Link Allianz? Sebenarnya mau pilih yang mana saja tidak ada masalah tinggal dihitung saja dengan kemampuan anda membayar premi karena masing-masing punya kelebihan dan juga kekurangannya.

Semoga anda lebih paham tentang investasi dan asuransi kalau mau menggunakan produk unit link dan kalau mau free konsultasi silakan hubungi kami via WA di 0811.929.365

Salam Cerdas Finansial

 
Asuransi365
Hai, saya Andreas seorang Certified Financial Planner (CFP) & Insurance Consultant. Untuk free konsultasi seputar perencanaan keuangan dan asuransi silakan kontak saya via Telp/WA di 0811.929.365

Leave a Reply