Asuransi Pendidikan atau Investasi Dana Pendidikan, Mana Yang Benar ?

Asuransi pendidikan yang dibeli ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan. Seorang teman dan sekaligus peserta training berkata kepada saya : “Pak saya mau menuntut perusahaan asuransi”. Kemudian saya bertanya kepada dia : “Mengapa kamu mau menuntut perusahaan asuransi itu?”

asuransi pendidikan atau investasi dana pendidikan

Teman saya kemudian menjelaskan bahwa beberapa tahun yang lalu dia ditawarkan investasi pendidikan oleh seorang agen asuransi dan dijanjikan uang tersebut bisa digunakan untuk anaknya sewaktu mau masuk ke SD, SMP, SMA bahkan perguruan tinggi. Karena sayang akan anaknya dan menganggap pentingnya investasi pendidikan anak maka diapun mengambil produk asuransi pendidikan tersebut.

Setelah berjalan sekian tahun dia mulai sadar kalau uangnya bukan bertambah malah berkurang, lalu dia bertanya kepada saya “koq bisa begitu?”

Saya mulai curiga kalau sebenarnya yang teman saya beli itu bukanlah produk investasi murni tetapi produk asuransi pendidikan. Setelah dicek ternyata benar itu adalah produk asuransi pendidikan yang terdiri dari asuransi jiwa yang dicampur dengan investasi. Setiap kali ia menyetorkan uang akan terpotong otomatis untuk biaya asuransinya. Teman saya merasa tertipu dan ingin menuntut perusahaan asuransi tersebut.

Kejadian ini bukanlah dialami oleh teman saya tersebut tetapi juga dialami oleh ratusan bahkan ribuan nasabah lainnya, ini terjadi karena agen ataupun nasabah sama-sama tidak memahami konsep perencanaan keuangan dan asuransi dengan benar.

Dalam ilmu perencanaan keuangan selalu fokus pada prinsip untuk memisahkan antara asuransi dengan investasi. Belilah asuransi di perusahaan asuransi bukan perusahaan investasi demikian juga belilah produk investasi di perusahaan investasi bukan perusahaan asuransi.

Di Indonesia memang lebih populer perusahaan asuransi dibandingkan dengan perusahaan investasi sehingga wajar kalau akhirnya banyak yang jadi salah paham antara investasi dengan asuransi ini.

Untuk investasi hingga saat ini beberapa jenis produk yang direkomendasikan oleh para financial planner antara lain deposito, obilgasi, logam mulia, saham, reksadana dan properti.

Bagaimana dengan produk asuransi dan investasi anda ? Apakah sudah benar ? Silakan cek dan konsultasikan dengan www.asuransi365.com kami tidak hanya menjual produk investasi tetapi memberikan anda free edukasi selama 2 tahun tentang perencanaan keuangan, investasi, asuransi, reksadana, saham, properti, warisan, parenting, dll.

Salam,
Asuransi365

 
Asuransi365
Hai, saya Andreas seorang Certified Financial Planner (CFP) & Insurance Consultant. Untuk free konsultasi seputar perencanaan keuangan dan asuransi silakan kontak saya via Telp/WA di 0811.929.365

Leave a Reply