Asuransi Prudential vs Asuransi Allianz – Sebuah Penilaian Sederhana

asuransi prudentialAsuransi Prudential dan Asuransi Allianz siapa yang tidak kenal dengan 2 perusahaan asuransi raksasa tersebut? Prudential merupakan pemimpin pasar asuransi unit link di Indonesia sedangkan Allianz menang secara global dibandingkan Prudential. Artikel kali ini saya mencoba menemukan kelebihan dan kekurangan dari kedua asuransi besar ini, penilaian ini bisa saja menjadi tidak tepat karena cenderung hanya melihat dari sisi kulit luar saja sehingga silakan perbandingan ini ditanggapi secara bijaksana baik oleh pihak asuransi jiwa Prudential maupun pihak asuransi Allianz.

Pendekatan, dari beberapa agen yang saya jumpai ada kecenderungan yang sedikit berbeda antara agen asuransi Prudential dengan agen asuransi Allianz. Kalau agen Allianz mereka cenderung lebih fokus pada proteksi daripada investasi sedangkan agen Prudential cenderung lebih fokus pada investasi daripada proteksi. Mana yang benar bisa menjadi relatif meskipun secara pribadi saya lebih cenderung menempatkan asuransi unit link ke arah proteksi daripada investasi.

Premi, kalau untuk urusan premi rasanya Allianz masih relatif lebih murah dibandingkan dengan Prudential, demikian juga untuk urusan biaya akuisisi Allianz lebih kecil dibandingkan dengan Prudential.

Manfaat, kalau bicara manfaat menurut saya kedua asuransi ini baik Prudential maupun Allianz nyaris berimbang apalagi kalau urusan asuransi jiwa boleh dikatakan nyaris sama, yang sedikit berbeda itu ada di asuransi penyakit kritis dan kesehatan. Untuk asuransi penyakit kritis asuransi Allianz lebih unggul karena mengcover hingga usia 100 tahun sedangkan asuransi kesehatan Prudential sedikit lebih unggul karena ada klausul renewal guarantee yang tidak dimiliki oleh Allianz.

Ragam produk dan fleksibilitas, untuk ragam produk asuransi Prudential boleh dikatakan lebih unggul dibandingkan dengan asuransi Allianz. Demikian juga untuk fleksibilitas produk asuransi Prudential lebih unggul, misalkan untuk rider term life di asuransi Prudential bisa pilih mau 55, 60, 65 atau 70 sedangkan di asuransi Allianz fixed untuk usia 70 saja. Contoh lain di asuransi Prudential juga lebih fleksibel untuk menentukan besar uang pertanggungan penyakit kritis dibandingkan dengan asuransi Allianz.

Kinerja Manager Investasi, kalau ini berhubungan dengan kinerja investasi dan dari data yang saya miliki menunjukkan bahwa hasil kinerja investasi untuk asuransi Prudential masih berada di bawah asuransi Allianz.

Kemudahan klaim, selama ini baik asuransi Prudential maupun asuransi Allianz tidak ada kendala yang berarti selama dokumen persyaratan klaim lengkap. Maklum ini 2 perusahaan kelas dunia yang pasti sangat peduli akan kemudahan klaim.

Nah itulah beberapa perbandingan baik kelebihan ataupun kekurangan asuransi Prudential dengan asuransi Allianz, silakan dipilih mana yang lebih cocok untuk anda dari sisi pendekatan, manfaat, flesibilitas dan besaran premi yang akan anda bayarkan.

Salam,

Asuransi365

 
Asuransi365
Hai, saya Andreas seorang Certified Financial Planner (CFP) & Insurance Consultant. Untuk free konsultasi seputar perencanaan keuangan dan asuransi silakan kontak saya via Telp/WA di 0811.929.365

5 COMMENTS

  1. Thanks infonya yang cukup netral, meskipun kalau dibedah lebih dalam akan kelihatan bedanya yang cukup jauh. Bagi saya karena ini 2 perusahaan gede maka secara kualitas pasti oke tinggal pilih saja mana yang preminya paling murah dan bersahabat.

  2. sehat itu tidak ada yang murah,tpi klo soal murah ya mungkin lebih murah allianz.tpi emg biaya rumah sakit ada yang murah.lebih baik susah sekarang apa susah nanti.pilihan ada ditangan lu kawan

  3. Mungkin ada yg ingin mengetahui seputar Allianz insurance bs lagsung menghubungi saya.

    Thanks buat artikel nya sangat memberikan informasi.

  4. Info yang cukup menarik , Ada sedikit koreksi mengenai Term Life , di sebutkan di asuransi Prudential bisa pilih mau 55, 60, 65 atau 70 sedangkan di asuransi Allianz fixed untuk usia 70 saja. Yang benar rider Term Life Allianz di cover sampai 85 tahun.
    Bagi Anda yang ingin berkonsultasi seputar asuransi jiwa dan kesehatan Allianz bisa hubungi saya WA 0895322353995 atau klik https://asuransiallianzkita.wordpress.com/2017/07/12/manfaat-dan-perlindungan-apa-saja-yang-di-jamin-dan-di-berikan-oleh-perusahaan-asuransi-jiwa-dan-kesehatan-allianz-apabila-anda-nasabahnya/

Leave a Reply