Asuransi Unit Link Allianz Semurah Term Life

Asuransi unit link Allianz semurah term life ? Koq bisa unit link murah bukannya selama ini asuransi unit link identik dengan mahal karena mencampur adukkan antara asuransi dan investasi ? Awalnya saya juga memiliki persepsi yang sama ngapain beli asuransi unit link kalau ada asuransi term life yang jauh lebih murah dan melakukan investasi secara terpisah melalui reksadana.

Asuransi Unit Link Allianz Semurah Term Life

Saya banyak sekali menulis artikel tentang asuransi unit link dan term life, memang secara jujur saya sebagai seorang financial planner ingin mengatakan bahwa asuransi itu baik yang unit link maupun term life sama bagusnya tinggal apa yang menjadi tujuan nasabah dan usia nasabah.

Misalkan untuk nasabah dengan usia 34 tahun dengan uang premi 380 ribu per bulan nasabah bisa mendapatkan asuransi jiwa sebagai berikut :

Asuransi unit link Allianz – Uang Pertanggungan 800-850 juta dengan masa bayar 20 tahun

Asuransi term life Manulife – Uang Pertanggungan 1 miliar dengan masa bayar 20 tahun

Asuransi Unit Link Allianz Semurah Term Life, Koq Bisa

Artinya kalau dengan uang 380 ribu per bulan nasabah bisa mendapatkan UP yang lebih besar di asuransi term life Manulife dibandingkan dengan asuransi unit link Allianz. Kalau nasabah fokusnya pada UP maka saya pasti merekomendasikan asuransi term life Manulife dibandingkan dengan asuransi unit link Allianz.

Sekarang bagaimana dengan nasabah yang sudah berusia 42 tahun ? Misalkan nasabah dengan usia 42 tahun ini membayar premi senilai 740 ribu per bulan maka dia akan mendapatkan asuransi jiwa sebagai berikut :

Asuransi unit link Allianz – Uang Pertanggungan 1 miliar dengan masa bayar 20 tahun

Asuransi term life Manulife – Uang Pertanggungan 1 miliar dengan masa bayar 20 tahun

Nah kalau untuk usia yang sama di 42 tahun dengan premi 740 ribu per bulan nasabah mempunyai 2 alternatif yang sama yang memberikan UP 1 miliar yaitu asuransi term life Manulife dan asuransi unit link Allianz. Pilih mana ? Ya pasti pilih asuransi unit link Allianz dong karena dapat UP 1 miliar plus gratis hasil investasi lagi. Jadi untuk nasabah dengan usia 42 tahun ini asuransi unit link Allianz semurah term life bukan ? Hehehe.

Lalu bagaimana kalau nasabahnya sudah berusia 45 tahun dan mampu membayar premi 950 ribu per bulan ? Mari kita hitung :

Asuransi unit link Allianz – Uang Pertanggungan 1,1 miliar dengan masa bayar 20 tahun

Asuransi term life Manulife – Uang Pertanggungan 1 miliar dengan masa bayar 20 tahun

Kalau ini sudah mulai terbalik ternyata asuransi unit link Allianz semurah term life bahkan lebih murah lagi karena dengan premi yang sama di asuransi unit link Allianz dapat memperoleh UP 1,1 miliar plus hasil investasi lagi sedangkan asuransi term life Manulife hanya dapat 1 miliar saja.

Ini asumsi juga dengan status nasabah pria bukan perokok ya, kalau status nasabah perokok di asuransi term life manulife akan ada loading premi tambahan sebesar sekitar 20-30% dari premi normal yang disebutkan di atas. Untuk asuransi unit link Allianz baik perokok maupun bukan perokok preminya sama saja, asalkan perokoknya masih dalam batasan normal ya bukan yang perokok sangat ekstrem berat. Hehehe. Dan metoda pembayaran secara bulanan kalau saja dengan metoda pembayaran tahunan secara premi Manulife akan sedikit lebih murah dari hitungan kita di atas.

Jadi selama ini asumsi asuransi jiwa unit link itu mahal ternyata gak juga tuh karena mulai usia 42 tahun ke atas asuransi unit link Allianz semurah term life dari manulife bahkan bisa lebih murah untuk masa kontrak selama 20 tahun.

Benarkah Asuransi Unit Link Allianz Semurah Term Life

Lalu bagaimana kalau nasabah mengambil term life yang bukan 20 tahun tetapi mengambil term life 5 tahun atau 10 tahun atau 15 tahun ? Untuk term life di bawah 20 tahun tentu akan lebih menguntungkan asuransi term life karena akan mendapatkan UP yang jauh lebih besar lagi meskipun nasabah akan kena minimum premi sekitar 380 ribu per bulan untuk metoda pembayaran secara bulanan.

Karena term life 5, 10 atau 15 tahun akan lebih murah dibandingkan asuransi unit link, mana yang akan direkomendasikan ? Untuk menjawab ini tidaklah mudah karena harus disesuaikan dengan tujuan proteksi dari nasabah yang secara garis besar sebagai berikut :

  1. Untuk tujuan jangka pendek di bawah 10 tahun misalkan untuk proteksi utang maka saya selalu cenderung untuk merekomendasikan asuransi jiwa term life dibandingkan dengan asuransi unit link
  2. Untuk tujuan jangka panjang di atas 10 tahun dan dan nasabah memiliki keterbatasan dana dengan potensi meninggal dunia yang relatif besar (misalkan pengendara sepeda motor) maka saya juga cenderung untuk merekomendasikan asuransi term life dibandingkan dengan asuransi unit link
  3. Untuk tujuan jangka panjang di atas 10 tahun dan nasabah memiliki potensi meninggal dunia yang relatif kecil dan tidak terlalu concern dengan besaran premi dengan selisih 200-300 ribu per bulan maka saya akan cenderung merekomendasikan asuransi unit link dibandingkan dengan asuransi term life. Mengapa ? Karena masa berlaku asuransi unit link lebih panjang dan dapat dijadikan sebagai warisan kepada anak, berbeda dengan term life yang hanya melindungi hingga usia 70 tahun saja dan uang akan hangus apabila sampai usia 70 tahun nasabah tidak meninggal dunia. Selain itu kalau dihitung total premi asuransi term life akan jauh lebih besar preminya dibandingan unit link karena premi term life akan bertambah setelah masa kontrak selesai apabila mau dilakukan perpanjangan.

Koq unit link bayar 20 tahun ? Bukannya 10 tahun ? Ini juga banyak menjadi pertanyaan karena banyak asumsi bahwa asuransi unit link itu hanya bayar premi 10 tahun padahal yang sebenarnya nasabah dapat membayar premi dalam batasan yang tak terbatas. Untuk asuransi unit link Allianz minimal cuti premi 5 tahun atau pembayaran premi secara langsung minimal 5 tahun dan setelah itu pembayaran premi akan diambil dari hasil investasi. Kalau maksimal berapa tahun ? Tidak ada batasan artinya nasabah bisa saja membayar premi secara langsung untuk seumur hidup.

Bagi saya mungkin menganut hukum ekonomi yaitu dengan premi rendah harus mendapatkan UP yang besar maka salah satu alternatifnya adalah membeli asuransi term life atau asuransi unit link tapi dengan masa bayar yang lebih panjang. Masa bayar premi yang lebih panjang ini apakah worthed ? Menurut saya sangat worthed karena nilai uang akan terus berkurang, misalkan anda membayar premi senilai 1 juta per bulan selama 20 tahun maka nilai 1 juta ini di 10 tahun mendatang nilainya tinggal 500 ribu loh kalau terjadi inflasi 7,2% per tahun dan nilai 1 juta di 20 tahun mendatang tinggal setara dengan 250 ribu uang saat ini. Jadi meskipun panjang tapi nilai uang akan berkurang sehingga tidak akan berasa bayar preminya.

Ada sedikit perbedaan besaran premi antara asuransi unit link dengan asuransi term life, kalau asuransi term life semakin pendek masa bayar atau masa kontrak akan semakin murah sedangkan asuransi unit link semakin pendek masa bayar atau masa cuti premi akan semakin mahal. Ini disebabkan karena unit link akan melindungi nasabah seumur hidup meskipun hanya bayar premi langsung selama 5 tahun. Kalau asuransi term life 5 tahun, karena hanya melindungi nasabah selama 5 tahun saja maka preminya jauh lebih murah dibandingkan dengan asuransi unit link. Tetapi untuk perpanjangan polis setelah 5 tahun nasabah akan dikenakan kenaikan premi yang biasanya secara nilai cukup signifikan.

Jadi dunia asuransi itu sangat bergantung pada kebutuhan nasabah dan bukan produk yang dimiliki oleh agen asuransi yang bisa fit untuk semuanya. Kalau mengacuh pada kode etik sebagai Certified Financial Planner yang harus mengutamakan nasabah maka yang paling baik adalah membeli asuransi pada agen yang memiliki multi produk atau multi institusi karena beliau akan memberikan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan nasabah dan bukan dengan agen yang hanya fokus menjual 1 produk yang “dipaksakan” fit dengan semua kebutuhan nasabah. Pengalaman saya ada cukup banyak juga loh agen asuransi yang saya temui yang sangat open minded yang artinya akan merekomendasikan nasabahnya untuk ambil asuransi perusahaan lain kalau memang dinilai lebih baik dan lebih menguntungkan bagi nasabahnya.

Semoga artikel asuransi unit link Allianz semurah term life ini membuka mata kita sebagai agen ataupun nasabah untuk lebih melek dengan asuransi dan dapat memilih asuransi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan nasabah dan bukan kebutuhan agen asuransi anda.

Yuk diskusikan kebutuhan asuransi anda dengan Asuransi365 yang akan membantu anda mendapatkan asuransi terbaik. Free konsultasi via WA di 0811.12.8338

Salam,
Asuransi365

Beli asuransinya dan dapatkan free edukasi parenting untuk keluarga

 
Asuransi365
Hai, saya Andreas seorang Certified Financial Planner (CFP) & Insurance Consultant. Untuk free konsultasi seputar perencanaan keuangan dan asuransi silakan kontak saya via Telp/WA di 0811.929.365

Leave a Reply