Investasi unit link Allianz tahun 2015, gimana hasilnya ?

Investasi unit link Allianz tahun 2015 ternyata tidak menggembirakan tetapi perlu dicatat bahwa ini tidak hanya dialami oleh Allianz tetapi oleh semua produk investasi khususnya yang berbasis pasar modal. Kalau saya bandingkan dengan unit link yang sekelas maka di tahun 2015 ini hasil investasi unit link Allianz ini masih lebih baik loh.

Tahun lalu saya pernah menulis juga tentang kinerja unit link Allianz 2014, pada saat itu pertumbuhan pasar modal kita bertumbuh sekitar 21% sehingga unit link Allianz juga bertumbuh sekitar 21% dalam 1 tahun sedangkan pada tahun 2015 ini pertumbuhan pasar modal bertumbuh -12% dan unit link Allianz juga bertumbuh sekitar -12%.

Ini tabel yang saya coba buat untuk mengikuti kinerja investasi unit link Allianz sejak pertama kali diluncurkan tahun 2007. Oh ya instrumen investasi yang saya bicarakan di sini adalah untuk Smartlink Rupiah Equity Fund ya.

Kinerja Investasi Unit Link Allianz

Gimana cara bacanya ? Gampang anda tinggal lihat kolom sisi kiri dan gerakkan kekanan. Maksudnya gini kalau kita jadikan tahun 2007 sebagai patokan maka dalam 1 tahun (2007-2008) investasi unit link Allianz ini bertumbuh sekitar -30%, dalam 2 tahun (2007-2009) bertumbuh rata-rata 8% per tahun dan seterusnya.

Kalau tahun 2008 dijadikan sebagai patokan maka selama setahun (2008-2009) investasi unit link Allianz bertumbuh sekitar 67% per tahun dan dalam 2 tahun (2008-2010) bertumbuh rata-rata 53% per tahun dan seterusnya.

Biar gampang sekarang silakan langsung saja lihat kolom paling kanan. Angka 1 menunjukkan pertumbuhan 1 tahun terakhir, angka 2 menunjukkan 2 tahun terakhir, dst. Artinya investasi unit link Allianz dalam 1 tahun terakhir (2014-2015) bertumbuh -12% per tahun, dalam 2 tahun terakhir (2013-2015) bertumbuh rata-rata 5% per tahun, dalam 5 tahun terakhir (2010-2015) bertumbuh rata-rata 5% per tahun, dalam 7 tahun terakhir (2008-2015) bertumbuh sekitar 17% rata-rata per tahun dan sejak diluncurkan (2007-2015) investasi unit link Allianz bertumbuh rata-rata 10% per tahun.

Anda masuk dan mengambil produk unit link Allianz tahun berapa ? Misalkan anda mengambil produk unit link Allianz ini sejak tahun 2011 maka kurang lebih unit link anda hanya bertumbuh sekitar 6% rata-rata setiap tahunnya. Coba masih ingat dengan ilustrasi yang disampaikan oleh agen anda sewaktu pertama kali mengambil asuransi unit link ? Kalau agen anda menggunakan standar 18% (sisi paling kanan) maka estimasi itu meleset jauh dalam kurun waktu 4 tahun terakhir.

Untuk para nasabah yang mengambil produk unit link Allianz melalui Asuransi365 pasti tahu bahwa pendekatan kami tidak menggunakan instrumen unit link ini untuk tujuan investasi tetapi lebih mengutamakan tujuan proteksi asuransinya sehingga gonjang-ganjing pertumbuhan investasi ini tidak akan berdampak terlalu signifikan. Beda halnya kalau agen asuransi unit link anda dari perusahaan asuransi unit link apapun yang fokus pada investasi maka melihat pertumbuhan ini akan menimbulkan banyak kekecewaan karena tidak sesuai dengan harapan atau janji agen untuk mendapatkan nilai uang yang besar. Untuk unit link yang difokuskan pada investasi saya sebut saat ini asuransi unit link sedang dalam masalah besar.

Meskipun pertumbuhan investasi unit link Allianz ini tidak terlalu bagus tetapi kalau dibandingkan dengan unit link dari asuransi yang sekelas masih tergolong baik, ada perusahaan asuransi unit link yang tahun 2014-2015 ini mengalami penurunan hasil investasi yang mencapai -19% (bandingkan Allianz yang -12%).

Lalu kalau unit link hanya dipandang sebagai tujuan proteksi yang utama, maka kemana dong saya harus investasi ? untuk kelas pemula bisa saja menggunakan produk reksadana yang jauh lebih fleksibel dibandingkan dengan unit link meskipun dari sisi pertumbuhan juga relatif tidak terlalu berbeda signifikan dibandingkan dengan unit link. Saya ambil contoh salah satu reksadana yang paling populer adalah Schroder Dana Prestasi dan Panin Dana Maksima, bagaimana hasilnya ? Ini dia dan saya coba bandingkan dengan 2 perusahaan asuransi unit link terbesar di Indonesia dan IHSG ya. Data ini saya ambil dari Bloomberg untuk data 5 tahun terakhir dimana unit link Allianz berwarna orange dan yang lain silakan lihat gambar di bawah.

Screen Shot 01-01-16 at 08.50 PM

Apa yang kita lihat ? Ternyata reksadana Panin Dana Maksima hasilnya tidak berbeda jauh dengan unit link Allianz dan IHSG (atau JCI), tetapi untuk reksadana Schroder Dana Prestasi terlihat cukup jauh meninggalkan yang lainnya.

Bagaimana kalau investasi kita gunakan saham secara langsung tanpa melalui reksadana atau unit link ? Saham apa yang kita pilih ? Saya yakin semua pasti tahu Bank Rakyat Indonesia alias BRI, sebuah perusahaan banking raksasa di Indonesia, bagaimana perbandingannya ?

Screen Shot 01-01-16 at 09.00 PM

Bisa dilihat bagaimana perbandingannya ? Wow ternyata dalam 5 tahun terakhir hasil investasi saham BRI jauh meninggalkan unit link. Jadi masih mau menempatkan investasi di unit link ? Hehehe. Atau anda mau mencoba investasi saham tapi tidak tahu bagaimana caranya ? Tenang Asuransi365 akan memberikan edukasi secara khusus kepada setiap nasabah yang membeli asuransi melalui Asuransi365 tentang dunia reksadana dan juga saham. So silakan langsung konsultasikan kebutuhan asuransi anda kepada Asuransi365 dan dapatkan free edukasinya.

Salam Cerdas Finansial,

Free konsultasi asuransi & investasi : 0811.929.365 (Andreas H.)

 
Asuransi365
Hai, saya Andreas seorang Certified Financial Planner (CFP) & Insurance Consultant. Untuk free konsultasi seputar perencanaan keuangan dan asuransi silakan kontak saya via Telp/WA di 0811.929.365

Leave a Reply