Asuransi Jiwa Dengan UP Meningkat Tiap Tahun

Asuransi Jiwa Dengan UP Meningkat 3Semua orang sadar akan adanya inflasi yang mengakibatkan uang menjadi berkurang nilainya. Demikian juga dengan asuransi yang kita miliki akan berkurang nilai uang pertanggungannya tiap tahun. Lalu orang mulai mencari apakah ada asuransi jiwa dengan UP meningkat tiap tahun ? Ada namanya increasing term life dimana UP akan meningkat tiap tahun tapi selama ini di Indonesia saya belum menemukan ada perusahaan asuransi yang menjual produk ini (atau saya yang kurang gaul. Hehehe). Kalau kebalikannya yaitu asuransi decreasing term life itu banyak salah satunya asuransi KPR dimana UP akan berkurang tiap tahunnya mengikuti sisa utang cicilan KPR yang ada.

Nah ada produk yang setara dengan increasing term life tapi tidak serupa yaitu unit link. Tidak serupanya adalah kalau di increasing term life besar kenaikan UP tiap tahun sudah pasti tapi besarannya relatif kecil. Kalau di unit link besaran kenaikan UP tidak pasti karena tergantung tingkat pertumbuhan investasi yang terjadi tiap tahunnya.

Contoh Mr. X usia 35 tahun mengambil asuransi unit link dengan UP 1miliar hingga usia 70 tahun dengan premi sebesar 600 per bulan selama 15 tahun. Artinya mulai saat ini Mr. X terlindungi jiwanya sebesar 1 miliar dan tiap tahun UP 1 miliar ini akan bertambah seiring pertumbuhan hasil investasinya di unit link. Berapa besarnya ? Mari kita lihat ilustrasi berikut :

Asuransi Jiwa Dengan UP Meningkat

Anggap saja asumsi pertumbuhan investasi Mr. X sebesar rata-rata 13% per tahun maka pada saat Mr. X usia 40 tahun UP asuransi jiwa yang dia akan dapatkan sekitar 1,019 miliar kemudian pada usia 50 tahun sekitar 1,133 miliar, kemudian pada usia 60 tahun di kisaran 1,276 miliar, kemudian di usia 70 tahun di sekitar 1,523 miliar dan kalau masih bisa sampai usia 85 tahun maka UP Mr. X sekitar 2,720 miliar.

Apalagi kalau ekonomi kita baik maka hasil investasi bisa mencapai 18% per tahun yang berakibat UP kita juga akan bertambah secara signifikan.

Jadi kalau dengan unit link maka anda setiap tahun akan mengalami penambahan uang pertanggungan tapi ingat ini tidak pasti artinya bisa lebih kecil ataupun bisa lebih besar dari ilustrasi yang diberikan oleh perusahaan asuransi anda. Kemudian apakah kenaikan UP ini sepadan dengan kenaikan inflasi ? Ini menjadi urusan lain yang penting kita mulai tahu bahwa unit link cenderung dapat dianggap sebagai asuransi jiwa dengan UP meningkat tiap tahunnya meskipun besarannya tidak pasti.

Selamat berasuransi.

Salam,
Asuransi365

 
Asuransi365
Asuransi365 adalah sebuah portal untuk edukasi seputar perencanaan keuangan khususnya asuransi dengan pendekatan yang holistik.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.