Asuransi Jiwa Utang – Wajib Punya Ya !

asuransi jiwa utangAsuransi jiwa utang solusi hidup tenang meskipun punya banyak utang. Hehehe, ini hanya permainan kata-kata saja karena asuransi jiwa utang ini sebenarnya adalah asuransi jiwa untuk tujuan melindungi beban utang. Masih ingat khan asuransi jiwa itu wajib untuk yang memiliki nilai ekonomis (tanggungan) atau beban ekonomis (utang). Kali ini kita akan bicara tentang asuransi untuk melindungi beban ekonomis alias utang dan disederhanakan istilahnya dengan asuransi jiwa utang.

Bolehkah kita berutang ? Boleh lah tapi ada aturan mainnya supaya tidak terjebak dalam lingkaran setan utang.

Contoh utang yang paling umum adalah utang KPR, utang pemilikan kendaraan, utang kartu kredit, utang pinjaman kantor, utang KTA, utang teman, dll. Dari beberapa utang ini sebagian sudah memiliki perlindungan asuransi secara otomatis yang diberikan oleh si pemberi utang. Misalkan anda mengajukan KPR maka biasanya ketika disetujui jiwa anda langsung diasuransikan, sehingga apabila anda meninggal dunia dalam masa kredit KPR maka sisa cicilan utang anda akan dibayarkan oleh perusahaan asuransi dan rumah tersebut dianggap lunas dan dapat dijadikan sebagai warisan untuk keluarga anda.

Tapi ingat tidak semua KPR diberikan asuransi jiwa utang, untuk pastinya silakan periksa kembali dokumen perjanjian KPR anda dengan pihak bank.

Bagaimana menentukan jumlah Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa Utang ini ? Gampang saja sesuaikan dengan nilai utangnya. Misalkan anda ambil KTA untuk modal usaha sebesar 300 juta maka pastikan anda memiliki 1 polis asuransi jiwa utang dengan UP 300 juta ini sesuai dengan lama masa pinjamannya. Jadi kalau masa pinjaman 3 tahun maka pastikan punya asuransi jiwa 300 juta dengan masa perlindungan 3 tahun. Sehingga amit-amit anda meninggal dalam 3 tahun masa pembayaran utang maka sisa cicilan utang bisa dibayarkan dari UP jiwa ini.

Apa produk asuransi yang cocok ? Yang paling cocok adalah Asuransi Jiwa Kredit (AJK) tapi agak susah untuk mendapatkannya. Asuransi ini sangat murah karena UP-nya bergradasi menurun sesuai dengan sisa cicilan utang. Atau bisa juga ambil term life tahunan atau 3 tahunan untuk contoh di atas. Biasanya saya tidak menyarankan untuk ambil unit link karena biaya yang anda keluarkan akan menjadi lebih mahal. Silakan baca tulisan panjang saya tentang term live vs unit link mulai dari part 1 di sini

Contoh saja untuk salah satu asuransi jiwa term life tahunan adalah CIGNA atau iFWD kalau usia anda dibawah 39 tahun maka hanya perlu bayar premi 83-103 ribu per bulan untuk mendapatkan UP Jiwa 300 juta. (besaran premi ini bisa berubah ya sesuai dengan kebijakan CIGNA dan iFWD)

Bagaimana dengan utang anda apakah sudah diasuransikan ? Jangan sampai terjadi ya dimana anda meninggal dunia yang harusnya meninggalkan warisan tapi malah meninggalkan sisa cicilan utang. Hihihi.

Salam,
Asuransi365.Com
Bukan hanya sekedar agen biasa
Beli asuransi gratis edukasi untuk anda dan keluarga

Asuransi365 adalah sebuah portal untuk edukasi seputar perencanaan keuangan khususnya asuransi dengan pendekatan yang holistik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.