Asuransi Kesehatan Cashless As Charge Terbaik 2018 – Apa saja yang menjadi rekomendasi Asuransi365 untuk asuransi kesehatan terbaik di tahun 2018 untuk anda dan keluarga ? Setelah sukses dengan rekomendasi asuransi kesehatan terbaik 2016/2017, sekarang Asuransi365 kembali memberikan rekomendasi untuk anda di tahun 2018 ini. Berbeda dengan rekomendasi untuk tahun 2016/2017 di tahun 2018 ini hanya diberikan 3 rekomendasi saja untuk mempermudah anda dalam menentukan pilihan asuransi kesehatan untuk diri sendiri ataupun untuk keluarga.

Dalam menentukan asuransi kesehatan terbaik 2018, ini ada 2 kriteria utama yang menjadi acuan yaitu cashless dan as charge. Apa itu kedua acuan tersebut, kita simak dulu ya.

Cashless, yaitu sebuah istilah banyak orang kalau sakit tidak perlu keluar uang atau sebuah sistem pembayaran dimana seorang nasabah tidak perlu mengeluarkan uang ketika dirawat di rumah sakit. Sebenarnya tidak tepat sekali sih definisi cashless tersebut karena kadang masih ada beberapa item yang tetap harus dibayarkan oleh seorang nasabah. Umumnya dengan sistem cashless ini nasabah akan sangat dipermudah ketika mau melakukan proses perawatan di rumah sakit dimana nasabah biasanya tidak perlu mengeluarkan uang untuk bayar DP ataupun biaya-biaya lainnya di awal. Tetapi sewaktu keluar tidak semuanya pasti cashless kadang nasabah tetap harus mengeluarkan uang apabila terjadi klaim yang berlebihan atau ada item-item yang tidak dicover oleh perusahaan asuransi. Lawan dari sistem cashless ini ada sistem reimbursment dimana seluruh biaya rumah sakit akan dibayarkan terlebih dahulu oleh seorang nasabah dan setelah itu baru diklaim ke pihak asuransi. Jadi dengan adanya sistem cashless maka seorang nasabah tidak perlu terlalu khawatir mengenai biaya-biaya yang harus dikeluarkan di awal.

As charge atau istilah lainnya dibayarkan sesuai tagihan. Sistem ini menggantikan sistem lama yang menggunakan inner limit yaitu batasan maksimal untuk setiap manfaat yang didapatkan misalkan biaya dokter, biaya obat-obatan, biaya operasi, dll. As charge ini akan menggantikan seluruh biaya perawatan sesuai dengan tagihan yang dibebankan oleh pihak rumah sakit asalkan harga kamar tidak melebihi batasan dan total biaya juga tidak melebihi batasan yang telah ditentukan.

Nah jadi dengan 2 definisi di atas semoga anda lebih paham dengan istilah cashless dan as charge dengan lebih detail sebelum membeli produk asuransi kesehatan. Lalu apa Asuransi Kesehatan Cashless As Charge Terbaik 2018 ? Kita akan bagi menjadi 3 ketegori yaitu entry level, mid level dan high level. Ketiga level ini berdasarkan manfaat dan premi yang akan dikeluarkan oleh seorang nasabah.

Asuransi Kesehatan Cashless As Charge Terbaik 2018 – Kategori Entry Level adalah HealthPlus+ Family dari Lippo Insurance

Asuransi Kesehatan Cashless As Charge Terbaik 2018 - LippoAsuransi kesehatan Lippo terus melakukan inovasi produknya dan yang paling baru ini adalah HealthPlus+ Family. Kalau dari namanya memang ditujukan untuk kebutuhan keluarga. Asuransi ini sudah menggunakan sistem cashless sehingga membuat seorang nasabah menjadi lebih tenang ketika mau dirawat di rumah sakit. Asuransi HealthPlus+ Family ini menawarkan pilihan kelas kamar mulai dari 400 ribu hingga 2,5 juta per malam. Preminya tergolong murah dan perhitungannya yang tidak pakai ribet. Maksudnya apa ? Premi asuransi HealthPlus+ Family ini hanya ada 2 kategori yaitu usia 0-55 dan usia 56-60 tahun. Jadi mau bayi sampai dewasa usia 55 tahun preminya sama baik laki-laki maupun perempuan. Satu hal yang menarik dari asuransi ini adalah masa tunggu penyakit khusus atau pre existing condition hanya 9 bulan saja dan ada manfaat rawat jalan dengan premi yang juga relatif terjangkau tetapi masih menggunakan sistem inner limit. Dalam konsep perencanaan keuangan asuransi rawat jalan ini tidak menjadi prioritas utama asalkan anda terlindungi dengan dana darurat yang mencukupi.

Di balik kelebihannya ternyata Asuransi HealthPlus+ Family juga memiliki unsur kelemahan yaitu sistem prorata sehingga tidak cocok digunakan untuk berobat diluar negeri khususnya Singapore yang harga kamar per malamnya bisa mencapai lebih dari 3 juta per malam. Kemudian tidak adanya fasilitas renewal guarantee dan maksimal perlindungan hanya sampai dengan usia 65 tahun.

Berapa sih besaran preminya ? Kita asumsikan untuk usia 40 tahun dengan kelas kamar 750 ribu per malam hanya 4,2 juta per tahun atau hanya sekitar 350 ribu per bulan anda sudah mendapatkan asuransi kesehatan cashless dan as charge dengan limit maksimal tahunan sebesar 200 juta.

Tertarik ? Silakan hubungi Asuransi365 melalui WA di 0811.929.365

Asuransi Kesehatan Cashless As Charge Terbaik 2018 – Kategori Mid Level adalah SmartMed Premier dari Asuransi Allianz

Asuransi Kesehatan Cashless As Charge Terbaik 2018 - AllianzNama SmartMed Premier masih masuk dalam rekomendasi asuransi kesehatan terbaik 2018 sejak tahun 2016 yang lalu. Asuransi ini menggunakan sistem hibrid tanpa prorata yaitu sebuah sistem as charge selama anda tidak dirawat di kelas kamar yang lebih tinggi daripada kelas yang diambil. Jika melebihi harga kamar maka akan dikenakan sistem inner limit (kalau asuransi lainnya akan menggunakan sistem prorata). Mana yang lebih mengguntungkan hibrid dengan inner limit atau prorata ? Relatif kalau selisih kamar sedikit maka prorata lebih menguntungkan tetapi kalau selisih kamarnya lebih dari 2 atau 3 kali maka hibrid ini masih lebih menguntungkan.

SmartMed Premier Allianz ini memberikan 10 pilihan kelas kamar mulai dari 500 ribu hingga 6 juta per malam dengan total manfaat tahunan sebesar 6 miliar yang jauh di atas HealthPlus+ Family. Plus poin lainnya dibandingkan dengan HealthPlus+ Family Lippo adalah SmartMed Premier ini mempunyai manfaat khusus untuk perawatan kemoterapi dan cuci darah meskipun masih menggunakan sistem inner limit sesuai dengan kelas kamar yang diambil.

Sama dengan HealthPlus+ Family Lippo juga ada manfaat rawat jalan dan sama-sama juga ada perawatan sebelum dan sesudah rawat inap selama 30 hari. Jadi dengan manfaat ini rasanya semakin meyakinkan kalau asuransi kesehatan rawat jalannya diabaikan saja dulu ya.

Berapa besaran preminya ? Masih sama untuk usia 40 tahun dengan kelas kamar 750 ribu per malam preminya sekitar 5,6 juta (laki-laki) dan 6,8 juta (wanita). Ini sudah mendapatkan manfaat total tahunan sebesar 6 miliar dan manfaat tambahan kemoterasi 135 juta per tahun dan 112,5 juta per tahun untuk cuci darah.

Tertarik ? Silakan hubungi Asuransi365 melalui WA di 0811.929.365

Asuransi Kesehatan Cashless As Charge Terbaik 2018 – Kategori High Level adalah M-Secure dari Pacific Cross

Asuransi Kesehatan Cashless As Charge Terbaik 2018 - Pacific CrossMasih sama dengan tahun 2016/2017 Pasific Cross masih menjadi pilihan asuransi kesehatan terbaik untuk anda dan keluarga. Hanya saja ada perbedaan produk dengan yang saya tampilkan di tahun 2016/2017 yang lalu. Produk mereka yang terbaru adalah M-Secure. Kalau lihat dari namanya koq kayak anti virus komputer ya ? Hehehe. Pasific Cross ini secara nama pasti jarang terdengar dibandingkan dengan Lippo dan Allianz tetapi ternyata asuransi dari Hong Kong ini mempunyai produk yang sangat luar biasa secara manfaat yang bisa didapatkan. Apa saja ?

Pertama, kelas kamar VIP di Indonesia dan semi VIP di luar negeri. Berbeda dengan Lippo dan Allianz yang masih menggunakan nilai rupiah maka Pasific Cross menggunakan definisi kelas kamar yaitu VIP ( 1 orang per kamar) dan semi VIP (2 orang per kamar). Jadi rasanya cocok untuk anda yang gak mau pakai ribet dengan harga kamar per malamnya dan tentunya cocok untuk anda yang mau dirawat secara premium di kelas VIP.

Kedua, manfaat khusus oncology atau kemoterapi dibayarkan 100% alias as charge, berbeda dengan Allianz yang masih menggunakan inner limit atau Lippo yang tidak memiliki manfaat khusus ini.

Ketiga, manfaat melahirkan khusus untuk wanita sebesar 35 juta per tahun atau 52,5 juta jika suami dan istri mengambil polis yang sama.

Keempat, manfaat renewal guarantee yaitu jaminan perpanjangan polis yang tidak didapatkan di Lippo ataupun Allianz di atas. Dengan manfaat ini maka seorang nasabah tidak perlu khawatir jika hendak perpanjang polis meskipun dengan riwayat klaim yang sangat besar.

Kelima, masa tunggu untuk semua jenis penyakit hanya 30 hari (Allianz 1 tahun dan Lippo 9 bulan untuk penyakit-penyakit khusus), tetapi harus dipastikan tidak ada kecurangan atau pembohongan pada saat pengisian aplikasi karena pihak asuransi apapun umumnya akan melakukan deep investigation untuk klaim besar di bawah 2 tahun polis.

Keenam, polis dapat diperpanjang seumur hidup (Allianz hingga usia 80 tahun dan Lippo 65 tahun) meskipun dengan premi yang tentunya juga sangat mahal.

Tetapi ada juga kelemahan dari Pasific Cross ini, yaitu :

Pertama, nama gak populer sehingga susah mendapatkan data kinerja keuangan perusahaan ini, meskipun selama ini tidak pernah ada permasalahan besar terkait dengan klaim dari setiap nasabahnya.

Kedua, manfaat cuci darah masuk dalam manfaat rawat jalan, jadi kalau hanya ambil rawat inap saja maka manfaat cuci darah tidak akan didapatkan berbeda dengan Allianz yang masih didapatkan meskipun hanya ambil rawat inap saja.

Ketiga, Pacific Cross ini perusahaan asing dari Hong Kong yang perlu partner lokal yang kadang sering berganti dari satu perusahaan ke perusahaan lokal lainnya. Saat ini Pacific Cross bekerjasama dengan partner lokal Mallaca Trust Wuwungan Insurance.

Keempat, meskipun as charge tetapi ada batasan limit per satu jenis penyakit seumur hidup yaitu 2,5 miliar. Bandingkan dengan Allianz yang jauh lebih tinggi yaitu sebesar 6 miliar per tahun.

Kelima, harga premi yang premium meskipun tentunya sepadan dengan manfaat yang akan didapatkan.

Berapa besaran preminya ? Untuk usia 40 tahun preminya adalah sekitar 10,6 juta per tahun untuk laki-laki maupun perempuan untuk mendapatkan perawatan dengan kelas kamar VIP di Indonesia dan semi VIP di luar negeri kecuali Amerika Utara, Hong Kong dan Jepang.

Tertarik ? Silakan hubungi Asuransi365 melalui WA di 0811.929.365

Semoga dengan mempersempit pilihan Asuransi Kesehatan Cashless As Charge Terbaik 2018 menjadi 3 saja membuat anda lebih mudah dan lebih cepat memilih perlindungan asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga. Silakan hubungi Perencana Keuangan Profesional dari Asuransi365 untuk mendapatkan informasi lebih detail ataupun konsultasi seputar perencanaan keuangan dan perencanaan asuransi yang baik dan benar untuk anda dan keluarga.

Salam Cerdas Finansial,

Free konsultasi perencanaan keuangan, perencanaan asuransi dan perencanaan investasi melalui WA di 0811.929.365

 
Asuransi365
Hai, saya Andreas seorang Certified Financial Planner (CFP) & Insurance Consultant. Untuk free konsultasi seputar perencanaan keuangan dan asuransi silakan kontak saya via Telp/WA di 0811.929.365

2 COMMENTS

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.