Cuti Premi Unit Link – Cuti premi merupakan salah satu istilah yang kita kenal di unit link dan tidak kita temukan di asuransi tradisional. Apa itu cuti premi ? Cuti premi adalah sebuah istilah dimana seorang nasabah tidak perlu membayarkan premi lagi kepada perusahaan asuransi. Misalkan seorang nasabah Mr. X mengambil asuransi unit link dengan premi 1 juta per bulan dan masa cuti premi 10 tahun maka artinya dalam waktu 10 tahun Mr. X akan membayar preminya sebesar 1 juta dan setelah tahun ke-10 maka Mr. X akan menjalani masa cuti premi alias tidak perlu lagi membayar premi sebesar 1 jutanya kepada perusahaan asuransi.

Meskipun cuti premi bukan berarti asuransi anda gratis loh. Semua biaya-biaya asuransi tetap wajib dibayarkan kepada perusahaan asuransi meskipun anda sudah memasuki masa cuti premi. Gimana caranya ? Inilah salah satu karakteristik unit link dimana dalam waktu 10 tahun pertama sebelum cuti premi ada sebagian uang nasabah yang digunakan untuk kebutuhan investasi. Karena ada investasi inilah maka ada dana uang nasabah yang akan berkembang dari tahun ke tahun. Nah hasil investasi inilah yang akan diambil oleh perusahaan asuransi untuk membayar biaya-biaya asuransi anda setelah anda memasuki masa cuti premi.

Cuti Premi Unit Link AllianzApakah cuti premi unit link itu wajib 10 tahun ? Tidak, seorang nasabah sebenarnya dapat memilih kapan ia akan mengambil cuti premi. Kalau di unit link Allianz cuti premi secara sistem di setting minimal 5 tahun hingga tidak berhingga alias bayar terus seumur hidup. Semakin pendek masa cuti premi unit link maka konsekuensinya semakin besar premi yang harus dibayarkan oleh seorang nasabah. Demikian sebaliknya semakin panjang cuti premi unit link biasanya akan semakin kecil premi yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Saya sebagai seorang perencana keuangan dan sekaligus praktisi asuransi lebih menyarankan untuk ambil cuti premi yang lebih panjang supaya premi yang anda bayarkan menjadi lebih kecil dan seorang nasabah masih memiliki dana lebih yang dapat digunakan untuk investasi di reksadana ataupun saham. Ya sesuai prinsip ekonomi saja dengan modal kecil mendapatkan keuntungan yang besar.

Ada alasan lain sebenarnya mengapa saya membuat cuti premi ini lebih panjang karena di Allianz sebenarnya cuti premi ini dapat anda lakukan kapan saja. Jadi meskipun seorang nasabah sewaktu mengajukan aplikasi menyatakan masa cuti premi 20 tahun pada aktualnya dia dapat melakukan cuti sebelum 20 tahun, misalkan tahun ke-5 atau 10 atau 15. Apa yang dapat menjadi dasar bagi seorang nasabah untuk mempercepat masa cuti premi ini ? Hasil investasi yang didapatkan, kalau saja dalam 10 tahun pertama hasil investasi mencapai rata-rata di atas 18% maka cuti premi dapat dilakukan lebih awal.

Apa konsekuensi dari cuti premi yang dipercepat ini ? Kalau saja hasil pertumbuhan investasi tidak baik ada kemungkinan hasil investasi anda ini tidak akan mencukupi untuk membayar biaya-biaya asuransi di masa mendatang yang dapat mengakibatkan polis anda menjadi lapse atau tidak aktif. Kalau ini terjadi dan anda ingin mengaktifkan kembali polis anda maka anda cukup membayarkan lagi premi sebesar biaya asuransi yang diperlukan setiap bulan atau setiap tahunnya.

Apakah dengan memperpanjang cuti premi akan membuat seorang nasabah menjadi rugi karena harus membayar terus ? Sebenarnya tidak karena dengan membayar premi kecil anda pasti memiliki keleluasaan untuk melakukan investasi yang lain di reksadana ataupun saham untuk tujuan seperti pendidikan anak ataupun pensiun dibandingkan anda hanya menghabiskan seluruh uang anda untuk membayar premi asuransi. Kemudian perlu diketahui juga kalau rata-rata inflasi 7,2% per tahun maka nilai uang itu akan bekurang setengahnya setiap 10 tahun. Jadi misalkan Mr. X membayar premi 1 juta dengan masa cuti premi 20 tahun maka di awal tahun ke-11 uang yang tadinya 1 juta sudah berkurang nilainya menjadi 500 ribu saja. Jadi semakin panjang masa cuti premi unit link maka semakin kecil biaya yang anda bayarkan di masa sekarang dan semakin kecil pula biaya di masa mendatang seiring dengan laju inflasi.

Salam Cerdas Finansial,

A. Hartono, CFP


Asuransi Jiwa 1M premi 400 ribu saja silakan klik di sini
Paket asuransi lengkap untuk orang tua hanya 1 juta per bulan silakan klik di sini.

 
Asuransi365
Hai, saya Andreas seorang Certified Financial Planner (CFP) & Insurance Consultant. Untuk free konsultasi seputar perencanaan keuangan dan asuransi silakan kontak saya via Telp/WA di 0811.929.365

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.