Akhir pekan ini saya membantu salah satu sekolah unggulan di Jogjakarta, dan di hari minggu ini free sehingga bisa jalan-jalan pakai kaki dari hotel menuju Malioboro. Hehehe. Sepanjang perjalanan saya banyak menjumpai para tukang becak dan yang menarik ada beberapa jenis tukang becak di sini. Pertama ada tukang becak yang menawari jasa becak untuk keliling area Malioboro, ketika saya bilang tidak maka mereka mencari pejalan kaki yang lain. Kedua ada tukang becak yang nawari jasa dan ketika saya bilang tidak eh malah minta uang. Hehehe. Dan yang ketiga tukang becak yang hanya duduk saja melihat para pejalan kaki, mereka terlihat sangat santai di jok penumpang.

Dari ketiga tukang becak itu saya bisa ambil kesimpulan sementara yaitu yang pertama mencari penumpang untuk kerja, kemudian yang kedua mencari belas kasihan untuk hidup dan kayaknya yang ketiga ada kemungkinan salah satu orang yang telah mengalami financial freedom di Jogjakarta ini.

Koq bisa seorang tukang becak menjadi seorang financial freedom ? Hehehe, ya bisa dong karena untuk menjadi financial freedom itu ukurannya bukan banyaknya uang yang anda miliki tetapi dari dua ukuran ini yaitu :

Cashflow positif dan tidak ada beban utang

Ya itulah definisi seorang financial freedom yang saya dapatkan dari seorang senior financial planner ketika ikut kelas beliau. Saya setuju sekali dengan definisi yang paling sederhana ini tentang financial freedom.

Ketika seseorang memiliki cahflow positif yang artinya pendapatan lebih besar dari pengeluaran maka dia bisa menyisihkan uang tersebut untuk dia tabung atau investasikan dan karena dia juga tidak punya utang maka tabungan dan asetnya akan terus bertambah.

Jadi jangan membayangkan financial freedom dengan definisi orang yang punya harta berlimpah ruah tetapi mulailah financial freedom dari hal yang paling dasar. Mari rapikan cashflow bulanan anda dan pastikan pengeluaran anda lebih kecil dari pendapatan kemudian pelan-pelan selesaikan semua utang-utang anda.

Salam,

Asuransi365
Kami memberi lebih dari sekedar asuransi.

 
Asuransi365
Hai, saya Andreas seorang Certified Financial Planner (CFP) & Insurance Consultant. Untuk free konsultasi seputar perencanaan keuangan dan asuransi silakan kontak saya via Telp/WA di 0811.929.365

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.