Hasil Investasi Allianz Dalam 10 Tahun – Sebagai seorang perencana keuangan yang juga menggeluti dunia asuransi menjadi sebuah keharusan bagi saya untuk menjelaskan sesuatu secara lebih natural tanpa ada yang ditutup-tutupi. Kali ini saya akan mengajak anda untuk melihat sejauh mana hasil investasi dari sebuah produk asuransi unit link Allianz. Unit link adalah sebuah produk asuransi plus investasi yang dikemas dalam 1 produk. Kalau mau tahu lebih detail apa itu asuransi unit link silakan baca artikel lengkap tentang unit link.

Proses investasi dalam unit link ini nyaris identik dengan yang namanya reksadana sehingga kinerja sebuah unit link dapat kita setarakan dengan reksadana. Khusus untuk unit link Allianz mereka memiliki beberapa alternatif investasi seperti pasar uang, pendapatan tetap, campuran dan saham. Kebanyakan agen asuransi akan menempatkan dana investasi kliennya di dalam jenis saham karena memang diproyeksikan untuk jangka panjang di atas 10 tahun. Untuk unit link Allianz salah satu penempatan atau pengelolaan dana investasinya adalah Smartlink Rupiah Equity Fund. Bagaimana hasil investasinya Allianz dalam 10 tahun ini ? Mari kita simak.

Hasil Investasi Allianz Dalam 10 TahunHasil Investasi Allianz Dalam 10 Tahun

Kalau melihat dari Fund Fact Sheet Smartlink Rupiah Equity Fund ini diterbitkan pertama kali di 1 September 2007 yang artinya kemarin baru saja ulang tahun ke-10 di September 2017. Seperti halnya regulasi reksadana, maka harga unit yang dijual pertama kali adalah di harga 1000 per unit. Merujuk pada fund fact sheet di Bulan September 2017 nilai unit Smartlink Rupiah Equity Fund ini adalah 2990.

Jika dihitung dengan kalkulator perencanaan keuangan maka hasil investasi Allianz dalam 10 tahun terakhir ini adalah sekitar 11,6% atau kita bisa bulatkan ke atas jadi 12% saja rata-rata pertumbuhannya dalam 10 tahun terakhir ini.

Dalam asuransi unit link selalu ada ilustrasi yang diberikan oleh seorang agen kepada setiap nasabahnya, kalau di Allianz ada 3 asumsi yaitu rendah (5%), sedang (13%) dan tinggi (18%). Nah artinya kinerja Allianz hanya berada di sekitaran asumsi sedang saja meskipun masih lebih rendah 1%.

Apakah hasil ini bagus atau jelek ? Ini yang paling penting terlepas dari berapa hasil yang dicapai. Dalam reksadana kinerja sebuah investasi selalu dibandingkan dengan rata-rata indeks. Kalau di atas dianggap bagus dan kalau di bawah dapat dianggap tidak bagus.

Melihat kinerja indeks saham di 1 September 2007 sekitar 2200 dan 1 September 2017 atau 10 tahun kemudian di sekitar 5800 atau bertumbuh rata-rata per tahun sekitar 10,2% atau kita bulatkan ke bawah jadi 10%.

Dengan membandingkan harga hasil investasi allianz dalam 10 tahun terakhir dengan indeks sebenarnya masih relatif bagus yaitu 2% di atas indeks harga saham gabungan tetapi masih di bawah harapan banyak perencana keuangan untuk bisa bertumbuh di kisaran 15-20% rata-rata per tahunnya.

Salam Cerdas Finansial

 
Asuransi365
Hai, saya Andreas seorang Certified Financial Planner (CFP) & Insurance Consultant. Untuk free konsultasi seputar perencanaan keuangan dan asuransi silakan kontak saya via Telp/WA di 0811.929.365

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.