Premi Asuransi Unit Link, Apa Itu ? – Yuk kali ini kita bedah tentang yang namanya premi asuransi unit link yang bisa jadi akan membuat anda terkesima dan akhirnya berkata “oh itu maksudnya” atau “what ? Pantesan uang gua ilang” atau “gila agen asuransi gua ambil untung gede banget” atau “untung gua gak investasi di unit link’ atau apapun respon aneh anda setelah memahami sebagian dari jeroannya asuransi unit link ini.

Secara umum premi asuransi unit link itu ada 2 item yang menjadi komposisi premi yaitu premi berkala dan top up berkala. Istilah ini digunakan di Allianz dan untuk asuransi unit link dari brand lain mungkin saja istilahnya berbeda tetapi filosifinya sama. Kita bahas satu per satu ya.

Pertama – Premi Berkala

Kata berkala ini artinya dibayar secara berkala yang bisa bulanan ataupun tahunan. Premi berkala ini sebenarnya simple saja sama seperti pada premi asuransi tradisional pada umumnya. Yang berbeda itu hanya cara pengelolaannya saja. Kalau di asuransi tradisional misalkan anda mempunyai mobil seharga 200 juta kemudian membeli asuransi all risk dengan premi 6 juta maka uang senilai 6 juta itu menjadi milik perusahaan asuransi dan anda hanya berhak mendapatkan penggantian uang kalau mobil anda mengalami kerusakan atau hilang saja. Inilah yang banyak orang pakai dengan istilah uang hangus. Jadi semua premi yang dibayarkan menjadi hak milik perusahaan asuransi.

Nah kalau dalam unit link porsi premi berkala yang anda bayarkan ini kepemilikannya ada 2 yaitu milik perusahaan asuransi dan milik anda. Bagaimana porsi kepemilikannya ? Inilah yang dikenal dengan nama biaya akuisisi atau pembagian kepemilikan premi. Setiap perusahaan asuransi berbeda-beda, kalau di Allianz maka biaya akuisisi atau yang menjadi hak milik perusahaan asuransi adalah sebagai berikut :

  • Tahun ke-1 : 75%
  • Tahun ke-2 : 40%
  • Tahun ke-3 : 15%
  • Tahun ke-4 : 7,5%
  • Tahun ke-5 : 7,5%
  • Tahun ke-6 dst : 0%

Nah dari tabel di atas misalkan anda membayar premi berkala 1 juta sebulan maka pada tahun pertama 75% dari 1 juta tersebut atau 750 ribu menjadi hak milik perusahaan asuransi (uang hangus) dan sisanya 250 ribu menjadi hak milik anda (untuk diinvestasikan). Demikian untuk tahun berikutnya sesuai dengan komposisi yang telah disepakati bersama. Kapan uang premi berkala ini menjadi milik nasabah seluruhnya ? Mulai dari tahun ke-6 dan seterusnya.

Maka kalau ada orang yang membeli unit link untuk tujuan investasi dan ternyata uangnya dimasukkan ke dalam premi berkala ini maka di 5 tahun pertama jangan berharap uang anda bisa bertambah, yang akan terjadi malah uang anda akan berkurang. Saya banyak menjumpai kasus seperti ini dimana orang mau investasi tetapi beli unit link dan akhirnya uangnya hilang, mereka ngamuk-ngamuk tetapi apakah uangnya akan balik ? Tidak karena ini adalah aturan main perusahaan asuransi unit link yang telah anda sepakati di awal yang tertulis dengan sangat jelas di polis asuransi. Oleh karena itu saya selalu TIDAK merekomendasikan orang untuk investasi di unit link supaya tidak terjebak, kecuali anda sudah memahami konsep premi ini dengan baik. (Artikel : 7 Alasan Jangan Investasi di Unit Link)

Kalau gitu premi berkala ini dibuat kecil saja dong supaya nasabah gak rugi kena biaya akuisisi ? Jawabannya gak bisa karena setiap perusahaan asuransi sudah mempunyai mekanisme dalam penjualan produk unit linknya sehingga untuk mendapatkan sebuah manfaat asuransi ada premi berkala minimum yang harus dibayarkan oleh nasabah. Dalam hal ini menjadi sebuah keahlian seorang agen asuransi unit link untuk meramu manfaat yang optimal buat nasabah dengan premi berkala yang sekecil-kecilnya.

Lalu apa itu premi top up berkala ? Nanti nyambung ya ke artikel yang kedua, sementara saat ini saya batasi setiap artikel hanya sekitar 500 kata saja supaya tidak terlalu panjang. Tunggu dan pantau ya dalam 2-3 hari ke depan untuk bagian keduanya.


Untuk free konsultasi masalah asuransi dengan Certified Financial Planner & Insuranse Consultant Asuransi365 silakan bisa Call/SMS/WA ke 0811.929.365.

Salam Cerdas Finansial,

A. Hartono, CFP

 
Asuransi365
Hai, saya Andreas seorang Certified Financial Planner (CFP) & Insurance Consultant. Untuk free konsultasi seputar perencanaan keuangan dan asuransi silakan kontak saya via Telp/WA di 0811.929.365

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.