Renewal Guarantee Asuransi, Apa Itu ? – Asuransi adalah sebuah bisnis risiko sehingga kemampuan sebuah perusahaan asuransi untuk mengelola risiko ini menjadi kunci hidup matinya mereka.

Asuransi kesehatan memiliki tingkat risiko paling tinggi sehingga sampai saat ini insurance kesehatan itu sifatnya hanyalah yearly renewal atau wajib diperpanjang setiap tahunnya kecuali untuk asuransi kesehatan yang nempel ke unit link akan dilakukan perpanjangan otomatis tanpa ada dokumen tambahan setiap tahunnya.

Renewal Guarantee Asuransi

Untuk meminimalkan risiko maka setiap perusahaan asuransi pasti mempunyai tameng atau senjata pamungkas untuk melindungi perusahaan dari dampak kerugian yang besar misalkan antara lain :

Pertama, sistem inner limit dimana perusahaan asuransi hanya membayarkan manfaat sesuai batasan limit. Misalkan limit obat-obatan maks 10 juta maka apapun sakit anda dan berapapun biaya yang anda keluarkan, pihak asuransi hanya menanggung biaya maksimal 10 juta saja.

Kedua, batasan maksimal pertahun biasanya ini untuk asuransi yang tidak menggunakan inner limit tetapi membayar sesuai tagihan maka untuk meminimalkan risiko meskipun dibayar sesuai tagihan ada batasan maksimal yang dibayarkan setiap tahunnya atau setiap jenis penyakitnya. Jadi meskipun as charge sebenarnya ada limit juga secara keseluruhan.

Renewal Guarantee AsuransiKetiga, prorata atau pembayaran secara proporsional kalau nasabah memilih kelas kamar yang lebih tinggi dari plan kamar yang diambil. Misal ambil plan kamar 400 rb kemudian dirawat di kamar seharga 1 juta maka perusahaan insurance hanya akan membayar maksimal 40% saja.

Keempat, persyaratan klaim dan pengecualian-pengecualian untuk penyakit-penyakit tertentu yang biasanya akan memerlukan biaya berobat yang besar. Ada asuransi yang membayar sesuai tagihan tetapi kalau dibaca di polis lebih detail ini tidak berlaku untuk penyakit khusus misalkan seperti kanker atau jantung.

Kelima, penolakan perpanjangan polis apabila ada riwayat klaim yang besar di tahun sebelumnya. Kalau ini terjadi biasanya akibatnya fatal dimana seorang nasabah akan kehilangan proteksi asuransi dan kemungkinan besar perusahaan asuransi lain pun tidak akan mau menerima nasabah ini dengan riwayat sakit yang sudah ada.

Setiap perusahaan asuransi biasanya menggunakan beberapa tameng sekaligus dan sebenarnya masih ada banyak lagi tameng lainnya. Dalam dunia bisnis apalagi asuransi maka tameng-tameng ini adalah sesuatu hal yang sangat wajar karena bisnis asuransi adalah bisnis risiko yang tinggi. Nah balik ke topik kita Renewal Guarantee Asuransi, Apa Itu ?

Renewal guarantee asuransi atau jaminan perpajangan asuransi adalah komiten atau janji perusahaan asuransi untuk dapat memperpanjang polis nasabah apapun kondisi kesehatan nasabah. Jadi kalau ada renewal guarantee ini akan menjamin asuransi kesehatan anda dapat berlangsung terus hingga usia lanjut meskipun anda sakit parah dan telah melakukan klaim yang besar.

Dengan renewal guarantee maka tameng kelima di atas bisa kita hindari yaitu pemutusan sepihak dari perusahaan asuransi tidak akan terjadi. Tapi.. ternyata ada tapinya juga sebagai tameng perusahaan asuransi berikutnya. Yaitu umumnya perusahaan asuransi dengan renewal guarantee tidak menjamin besaran premi yang harus dibayarkan untuk perpanjangan polis di tahun berikutnya. Artinya polis asuransi kesehatan bisa diperpanjang tetapi ada penambahan premi yang lebih besar bahkan dalam kasus tertentu dengan riwayat klaim yang besar premi tahun berikutnya bisa bertambah puluhan atau ratusan persen.

Meskipun tidak ada jaminan besaran premi, renewal guarantee ini sangat penting bagi anda yang akan mencari health insurance untuk kebutuhan jangka panjang apalagi kita ketahui bahwa semakin berumur seseorang maka risiko sakit akan semakin besar.

Apa pilihan renewal guarantee asuransi untuk anda dan keluarga? Sekarang sudah mulai cukup banyak antara lain Asuransi Pacific Cross, Asuransi Allianz & Prudential yang nempel ke produk unit link.

Untuk konsultasi lebih lanjut silakan hubungi Asuransi365 di WA 0811.929.365 dan Certified Financial Planner kami akan segera membantu memenuhi kebutuhan anda.

Salam Cerdas Finansial

 
Asuransi365
Hai, saya Andreas seorang Certified Financial Planner (CFP) & Insurance Consultant. Untuk free konsultasi seputar perencanaan keuangan dan asuransi silakan kontak saya via Telp/WA di 0811.929.365

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.