Siapa yang perlu prioritas asuransi penyakit kritis ?

Prioritas asuransi penyakit kritis itu perlu dipertimbangkan karena saat ini setiap orang sangat rentan untuk terkena penyakit kritis.

Pernah ditawari asuransi ? Kalau hidup di kota pastilah pernah didatangi oleh agen asuransi. Salah satu yang ditawari adalah asuransi penyakit kritis, ada yang menawari dengan cara halus tetapi ada juga mungkin dengan cara kasar dan intimidasi alias menakut-nakuti nasabah kalau terserang penyakit kritis akan habis miliaran rupiah. Hehehe. Kadang gak salah juga koq karena memang ada nasabah yang harus dibegitukan baru sadar dan terbuka. Hehehe.

Tapi saya coba menawarkan asuransi penyakit kritis kepada anda dengan sedikit lebih realitis dengan menggunakan data-data yang diperoleh dari sumber yang sangat relevan. Sehingga akhirnya kita memahami mengapa perlu mengambil asuransi penyakit kritis dan juga mengetahui siapa yang perlu prioritas asuransi penyakit kritis ini.

Oh ya sebenarnya artikel kali ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya tentang “Asuransi Penyakit Kritis, Perlukah ?”. Silakan baca dulu ya supaya lebih nyambung.

Saya masih menggunakan data yang sama dengan artikel sebelumnya hanya sudut pandang saja yang kita geser sedikit dan fokus kita hanya pada penyakit kanker saja, tidak melihat jenis penyakit kritis lainnya.

Pertama, data pasien dari RS Dharmais Jakarta tahun 2010-2013.

Prioritas Asuransi Penyakit Kritis - Data Dharmais

Kalau membaca grafik tersebut dapat kita simpulkan bahwa mayoritas yang datang ke RS Dharmais untuk berobat kanker adalah WANITA yang mengidap kanker payudara dan kanker rahim. Bahkan secara statistik tersebut sehari ada 3 pasien baru wanita yang berobat ke Dharmais.

Kedua, data dari Kementerian Kesehatan RI tahun 2013

Prioritas Asuransi Penyakit Kritis - Data Kemenkes

Dari data Kementerian Kesehatan ini menunjukkan bahwa potensi kanker ada di semua usia tetapi secara statistik menunjukkan terjadi peningkatan yang cukup signifikan ketika seseorang memasuki usia 35 tahun ke atas.

Ketiga, data dari Data dari American Cancer Society Fact & Figure 2012

Prioritas Asuransi Penyakit Kritis - Data American Cancer Society

Dari data ini dapat kita simpulkan jenis kanker yang paling banyak terjadi pada wanita adalah kanker payudara sedangkan pada pria adalah kanker prostat. Kemudian disusul oleh kanker paru-paru baik yang terjadi pada wanita maupun pria.

Keempat, data RS Parkway Cancer Center Singapore tentang kanker prostat

Prioritas Asuransi Penyakit Kritis - Data Parkway Cancer Center

Dari artikel ini dapat kita simpulkan bahwa kanker prostat ini terjadi pada pria dengan potensi terkena kanker prostat di atas usia 50 tahun.

Kelima, data dari Data dari American Cancer Society Fact & Figure 2012

Prioritas Asuransi Penyakit Kritis - Data American Cancer Society

Data ini menunjukkan bahwa ada 54% biaya non medikal yang akan dialami oleh seorang pasien kanker yang tidak dapat diklaim ke perusahaan asuransi dan salah satu potensi terbesar biaya non medikal ini adalah potensi kehilangan penghasilan.

Sekarang mari kita buat kesimpulan :

Pertama, data pasien dari RS Dharmais Jakarta tahun 2010-2013 -> Prioritas asuransi penyakit kritis adalah Wanita

Kedua, data dari Kementerian Kesehatan RI tahun 2013 -> Prioritas asuransi penyakit kritis adalah untuk yang berusia 35 tahun ke atas.

Ketiga, data dari Data dari American Cancer Society Fact & Figure 2012 -> Prioritas asuransi penyakit kritis adalah wanita & pria dan Perokok (penyebab terbesar kanker paru)

Keempat, data Parkway Cancer Center Singapore tentang kanker prostat -> Prioritas asuransi penyakit kritis adalah pria usia 50 tahun ke atas

Kelima, data dari American Cancer Society Fact & Figure 2012 -> Prioritas asuransi penyakit kritis adalah Self Employee (kalau karyawan sesuai UU masih akan digaji meskipun sakit parah hingga 2 tahun)

Kesimpulan yang kita simpulkan (hehehe) yang menjadi perlu prioritas asuransi penyakit kritis berdasarkan data statistik tentang kanker adalah sebagai berikut :

  1. Wanita usia 35 tahun ke atas (kalau mau aman usia 30 ke atas)
  2. Pria perokok
  3. Pria bukan perokok usia 50 tahun ke atas (kalau mau aman usia 40 tahun karena usia 50 sudah mahal dan belum tentu bisa diterima)
  4. Self employee

Gimana kalau seandainya ada wanita usia 25 sudah terkena kanker payudara ? Ya bisa saja khan kanker itu bisa terjadi pada siapa saja dan usia berapa saja. Saya hanya membuat kesimpulan dari beberapa data yang kredibel untuk menjadi prioritas pemilik asuransi penyakit kritis di luar itu bisa saja terjadi tetapi secara statistik probabilitas tidak sebesar prioritas di atas.

Gimana juga kalau ada laki-laki usia 35 tahun sudah kena serangan jantung dan usia 37 tahun sudah gagal ginjal ? Nah kalau ini tidak nyambung dengan artikel, hehehe soalnya yang kita bahas khan hanya 1 satu sisi yaitu penyakit kritis kanker bukan penyakit kritis lainnya seperti jantung dan gagal ginjal.

So, kalau anda merasa menjadi bagian dari prioritas di atas yuk segera miliki asuransi penyakit kritis melalui Asuransi365 dan dapatkan free edukasi untuk keluarga.

Next artikel kita akan bahas dan bedah polis ya tentang asuransi penyakit kritis ini supaya anda juga paham syarat dan ketentuan yang berlakunya.

 
Asuransi365
Hai, saya Andreas seorang Certified Financial Planner (CFP) & Insurance Consultant. Untuk free konsultasi seputar perencanaan keuangan dan asuransi silakan kontak saya via Telp/WA di 0811.929.365

1 COMMENT

  1. […] Kanker termasuk penyakit kritis yang bisa menyerang seseorang mulai dari usia muda bahkan secara statistik seseorang yang mulai menginjak usia 30 tahun sudah memiliki potensi yang besar untuk terkena penyakit kanker ini. Kalau melihat data dari RS Dharmais dan Kementerian Kesehatan RI ternyata kanker payudara, kanker rahim, kanker paru, kanker tiroid, kanker usus besar dan kanker nasofaring merupakan jenis kanker yang paling sering terjadi di Indonesia ini. Kanker payudara dan kanker rahim berada di posisi paling puncak dengan tingkat kejadian per hari ada 3 pasien baru di RS Dharmais. Siapa yang memiliki payudara dan rahim ? Ya wanita karena itulah maka saya cenderung lebih memprioritaskan wanita untuk lebih dulu dilindungi asuransi penyakit kritis ini terutama untuk keluarga yang memiliki keterbatasan dana untuk membeli asuransi. (Baca juga artikel prioritas asuransi penyakit kritis) […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.