Waktu Terbaik Membeli Asuransi Jiwa – Kemarin dalam salah satu kelas perencanaan keuangan ada peserta yang baru bekerja 1 tahunan di sebuah perusahaan otomotif bertanya tentang asuransi jiwa, “kalau saya yang masih lajang seperti ini sebenarnya perlukah saya membeli asuransi jiwa?” Membeli asuransi itu sebenarnya adalah sebuah keputusan wajib dalam perencanaan keuangan. Tapi bagaimana dengan asuransi jiwa ? Apakah juga wajib untuk mereka yang belum berkeluarga ? Kalau melihat filosofi asuransi jiwa memang lebih diprioritaskan untuk mereka yang punya nilai ekonomis yaitu mereka yang punya tanggungan ekonomis (pemberi nafkah untuk orang lain) atau yang punya beban ekonomis (yang memiliki utang).

Untuk anda yang belum berkeluarga atau tidak punya tanggungan saat ini, ada pertanyaan yang perlu dijawab juga yaitu “nanti akan berkeluarga atau tidak?” Rata-rata pasti akan mengatakan iya. Nah kalau menjawab iya maka tidak ada salahnya membeli asuransi jiwa ketika anda baru saja mulai kerja dan tanpa punya tanggungan. Mengapa ? Karena orang-orang yang fresh graduate rata-rata usia 23 tahun umumnya masih punya banyak kelonggaran dalam hal mengelola pengeluaran mereka. Bisa dibilang mereka ini belum memiliki banyak dosa finansialnya sehingga uang yang diterima masih bisa sangat fleksibel pengaturannya.

Waktu Terbaik Membeli Asuransi Jiwa

Ambil asumsi saja misalkan gaji fresh graduate itu 5 juta per bulan, maka kalau 20% digunakan untuk memulai menabung, investasi dan proteksi rasanya masih sangat memungkinkan untuk dilakukan. Tapi buat mereka yang sudah menikah dan memiliki anak maka pengeluaran akan menjadi semakin sangat ketat dan semakin tidak mudah untuk mengaturnya. Jadi kalau masih muda baru usia 23 tidak ada salahnya anda mengambil asuransi mulai saat ini daripada uangnya juga habis untuk hal-hal yang tidak jelas.

Untuk produk silakan bisa gunakan produk unit link supaya beban pembayaran premi semakin ringan di masa mendatang. Anda bisa minta agen anda untuk membuatkan masa bayar premi cukup 5 tahun saja sehingga di usia 28 tahun saat anda menikah dan punya anak tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membayar premi asuransi anda dan anda dapat lebih leluasa untuk menggunakan uang yang ada untuk keluarga dan anak.

waktu terbaik membeli asuransi jiwaBiar gampang saya kasih contoh saja, misalkan Mr. X usia 23 tahun gaji 5 juta per bulan dan ada cita-cita untuk menikah di usia 27 atau 28 tahun. Kalau saat ini kita buatkan sebuah asuransi jiwa unit link untuk Mr X dengan Uang Pertanggungan Jiwa sebesar 200 kali gaji atau 1M maka premi yang perlu dibayarkan cukup 450 ribu per bulan selama 5 tahun masa bayar premi.

Nanti saat usia 27 tahun menikah dan punya anak di usia 28 tahun maka pembayaran premi asuransi sudah bisa distop dan asuransi tetap akan berjalan terus untuk puluhan tahun ke depan. Karena tidak perlu membayar premi lagi maka dia sudah melakukan saving 450 ribu untuk digunakan bagi keperluan sang anak. Enak khan dia di usia 28 tahun ada dana lebih untuk anak dan asuransi jiwa dengan UP 1M tetap berjalan terus.

So, untuk anda yang baru lulus kuliah dan sudah mulai bekerja dan ada rencana untuk menikah di beberapa tahun mendatang maka inilah waktu terbaik membeli asuransi jiwa dengan UP 1M cukup dengan membayar premi 450 ribu per bulan selama 5 tahun.

Untuk anda yang ingin berkonsultasi masalah perencanaan keuangan dan asuransi silakan bisa hubungi kami di WA 0811.929.365. Terima kasih.

Salam Cerdas Finansial

 
Asuransi365
Hai, saya Andreas seorang Certified Financial Planner (CFP) & Insurance Consultant. Untuk free konsultasi seputar perencanaan keuangan dan asuransi silakan kontak saya via Telp/WA di 0811.929.365

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.