Asuransi Jiwa Unit Link Bayar Seumur Hidup

Asuransi jiwa unit link bayar seumur hidup atau hanya bayar selama 10 tahun saja ? Banyak pendapat yang mengatakan bahwa asuransi unit link itu hanya perlu bayar 10 tahun dan setelah itu tidak perlu bayar lagi dan asuransi akan berjalan terus hingga usia 99 tahun. Apa benar begitu ?

asuransi jiwa unit link bayar seumur hidupIngat ya asuransi itu tidak ada yang gratis apalagi gratis seumur hidup. Hehehe. Hal ini banyak saya jumpai setiap diskusi mengenai asuransi khususnya asuransi jiwa unit link dengan para klien. Ini adalah sebuah miss persepsi yang bahaya karena dengan pemahaman seperti ini ujung-ujungnya akan merugikan nasabah, agen asuransi, perusahaan asuransi dan nama asuransi itu sendiri.

Prinsip dasar asuransi itu sama seperti asuransi mobil, dimana kita bayar sejumlah premi di depan untuk jangka waktu perlindungan tertentu. Selama masa asuransi masih berlaku kita dapat melakukan klaim jika terjadi kecelakaan dan jika masa berlaku asuransi berakhir maka berakhir pula perlindungan asuransinya.

Karena orang Indonesia cenderung anti dengan kata asuransi “uang hangus” maka para agen asuransi jiwa unit link begitu gencar membombardir nasabah dengan kata sakti “uang tidak hangus”. Yang terjadi sebenarnya adalah pembodohan terhadap nasabah karena asuransi itu sebenarnya akan terus dibayar sampai si tertanggung meninggal dunia.

Unit link itu adalah asuransi plus investasi ya bukan paham yang lebih salah lagi yang mengatakan unit link itu investasi plus asuransi. Jadi prinsip kerja unit link itu memberikan asuransi plus menginvestasikan sebagian uang anda. Untuk apa diinvestasikan ? Untuk membayar premi anda setelah masa bayar anda berakhir. Misal masa bayar premi 10 tahun maka setelah 10 tahun nasabah tetap membayar biaya asuransi yang akan dipotong dari hasil investasi yang dilakukan selama 10 tahun pertama.

Jadi asuransi itu tidak ada yang gartis loh apalagi seumur hidup. Lalu apakah hasil investasi akan cukup untuk mengcover asuransi seseorang hingga usia 99 tahun ? Tergantung berapa besar dana yang anda investasikan dalam unit link tersebut dan juga besar hasil pertumbuhan investasi yang didapatkan selama membayar premi. Kalau seandainya hasil investasi telah habis maka perlindungan asuransi juga akan berakhir sebelum usia 99 tahun, dan kalau mau tetap aktif maka nasabah akan diminta untuk melakukan penambahan premi lagi.

So teliti sebelum membeli asuransi dan belilah asuransi dari agen yang tidak hanya menjual produk asuransi tetapi juga memberikan edukasi kepada anda secara terus menerus.

Salam,
www.asuransi365.com

Asuransi365 adalah sebuah portal untuk edukasi seputar perencanaan keuangan khususnya asuransi dengan pendekatan yang holistik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.