Lima Level Cerdas Finansial – Mendengar kata cerdas maka identik dengan istilah IQ. Ternyata dalam dunia perencanaan keuangan juga ada istilah Cerdas Finansial. Mengutip dari situs mengelola keuangan maka level cerdas finansial seseorang dapat dibagi dalam 5 level. Apa saja lima level cerdas finansial tersebut ? Mari kita bahas satu per satu secara singkat.

Lima Level Cerdas Finansial

Pertama, menghabiskan uang. Kalau ada uang siapa sih yang tidak dapat menghabiskannya ? Rasanya setiap orang sudah pasti masuk minimal ke level 1.

Kedua, menyisihkan uang. Nah dilevel ini orang tidak hanya menghabiskan uang tetapi juga sudah mulai berpikir untuk meyisihkan uang yang didapatkan dalam istilah kerennya level kedua ini adalah orang sudah mulai untuk menabung secara rutin setiap bulannya.

Ketiga, mengamankan uang. Pada level ketiga ini orang sudah mulai menyadari adanya risiko yang mungkin saja terjadi di masa depan yang dapat menghabiskan uang mereka misalkan sakit, cacat tetap total ataupun kematian. Pada level ketiga ini orang sudah menyadari betapa pentingnya proteksi dalam kehidupan mereka. Jadi kalau anda sudah merasa hidup ini perlu asuransi maka anda sudah masuk pada level ketiga dari lima level cerdas finansial.

Lima Level Cerdas Finansial - BannerKeempat, melipatgandakan uang. Ini bukan seperti yang dilakukan oleh Dimas Kanjeng tetapi konsep melipatgandakan uang ini sering disebut banyak orang dengan istilah investasi. Pada level ini orang berpikir sudah jauh lebih panjang lagi untuk belasan tahun ke depan mereka menyadari perlunya melawan laju inflasi dan mempersiapkan dana untuk kebutuhan finansial mereka termasuk pendidikan anak-anaknya.

Kelima, mendistribusikan uang. Inilah level tertinggi dari lima level cerdas finansial. Di level tertinggi ini orang sudah berpikir sangat jauh lagi yaitu pada saat mereka pensiun dan meninggal nanti. Pada saat pensiun mereka sudah harus mendistribusikan kekayaan dari hasil  melipatgandakan uang mereka untuk kebutuhan hidup hingga mereka meninggal nanti. Mereka sadar masa pensiun adalah masa untuk menikmati hidup dan menikmati hasil investasi yang dilakukan di masa muda.

Nah itulah lima level cerdas finansial, coba cek dimanakah anda berada pada saat ini ? Asuransi365 tidak hanya membantu seorang klien untuk mendapatkan asuransi tetapi juga bagaimana membantu setiap keluarga untuk naik ke level keempat dan kelima dari lima level cerdas finansial ini.

Untuk free konsultasi seputar perencanaan keuangan dan asuransi silakukan hubungi Asuransi365 di WA 0811.929.365

Salam Cerdas Finansial

 
Asuransi365
Hai, saya Andreas seorang Certified Financial Planner (CFP) & Insurance Consultant. Untuk free konsultasi seputar perencanaan keuangan dan asuransi silakan kontak saya via Telp/WA di 0811.929.365

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.