Asuransi Penyakit Kritis CI100 Allianz – Persyaratan Klaim Umum

Asuransi penyakit kritis CI100 Allianz itu termasuk salah satu yang terbaik, yuk kita bedah polis asuransi penyakit kritis yang akan menjadi acuan persyaratan klaim untuk para nasabah. Selama ini banyak agen asuransi yang mengatakan asuransi penyakit kritis akan membayarkan klaim kalau nasabah terdiagnosa salah satu dari 100 kondisi sakit kritis, tetapi tidak banyak agen asuransi yang menjelaskan prosedur dan persyaratan klaim untuk setiap kondisi kritis ini. Oh ya artikel ini akan terus bersambung ya dan yang ini hanya akan membahas persyaratan klaim secara umum dulu.

Asuransi penyakit kritis generasi pertama sangat banyak mendapat hujatan dari nasabah maupun perencana keuangan karena dianggap sangat berat setiap persyaratan klaim. Misalkan ada nasabah terdiagnosa kanker payudara, belum tentu klaim bisa cair karena musti melihat dulu tingkat keparahan atau stages kanker yang diderita nasabah. Kalau masih stadium awal maka perusahaan asuransi pasti akan menolak klaim dan klaim hanya akan dibayarkan kalau kanker sudah masuk stadium lanjut atau sudah terjadi penyebaran yang bahasa awam kurang lebih disebut dengan istilah stadium 3 ke atas.

Karena hujatan itulah maka perusahaan asuransi mulai berbenah diri dengan memberikan kemudahan persyaratan klaim yang saya sebut dengan asuransi penyakit kritis generasi kedua yang akan mengcover nasabah dari sakit kritis mulai stadium awal hingga stadium lanjut.

Tapi meskipun asuransi penyakit kritis generasi kedua mulai mengcover nasabah dari stadium awal tetap saja ada persyaratan-persyaratan khusus untuk melakukan proses klaim. Mari kita bahas asuransi penyakit kritis terbaik dari Allianz yang dikenal dengan produk asuransi penyakit kritis CI100. Arti CI100 adalah Allianz akan memberikan penggantian kerugian atas 100 kondisi penyakit kritis mulai dari stadium awal hingga stadium lanjut. Untuk asuransi penyakit kritis dari perusahaan lain belum tentu sama ya. Ini persyaratan klaimnya untuk asuransi penyakit kritis CI100 Allianz secara umum :

1. Masa bertahan hidup (survival period)

Persyaratan klaim ini berlaku untuk seluruh kondisi sakit kritis yaitu masa dimana nasabah masih tetap hidup sejak diagnosa penyakit kritis ditegakkan oleh seorang dokter ahli melalui berbagai macam tahapan pengujian yang valid dan dapat dibuktikan secara medis. Masa bertahan hidup ini beragam dari setiap perusahaan asuransi dan khusus untuk Allianz masa bertahan hidup ini adalah selama 7 hari. Misalkan Mr. X didiagnosa ada kanker paru-paru melalui proses biopsi di tanggal 1 Januari 2015 maka sejak tanggal 1 Januari 2015 plus 7 hari atau pada tanggal 7 Januari 2015 harus dipastikan Mr. X masih hidup untuk persyaratan proses pengajuan klaim. Kalau saja Mr. X meninggal di tanggal 5 Januari 2015 maka sudah dipastikan klaim tidak akan dapat dipenuhi. Artinya makin pendek masa bertahan hidup ini tentu akan semakin baik bukan ?

Bagaimana dengan serangan jantung ? Nah ini yang menjadi masalah karena serangan jantung biasanya bersifat sudden death sehingga untuk jantung menurut saya kemungkinan gagal klaim akan cukup besar karena adanya masa bertahan hidup ini. Kalau nasabah meninggal sebelum 7 hari masa bertahan hidup ini maka nasabah hanya akan mendapatkan klaim asuransi jiwa saja. Sebagai informasi produk asuransi penyakit kritis CI100 Allianz ini survival period nya termasuk paling pendek, untuk perusahaan asuransi lain yang sekelas dengan Allianz ada yang 14 dan 30 hari.

Asuransi Penyakit Kritis CI100 Allianz

2. Early Critical Illness (Early CI)

Kata early ini sebenarnya mengindikasikan penyakit kritis yang diderita oleh nasabah masih tergolong awal. Kalau kanker misalkan didiagnosa dengan bahasa awam mirip dengan stadium 0 atau 1, pemasangan alat pacu jantung, luka bakar sedang, dll. Nah di asuransi penyakit kritis CI100 Allianz dari 100 kondisi kritis ini ada sejumlah 32 kondisi yang masuk dalam kategori early CI. Apa saja itu dan gimana syarat klaim detailnya? Sabar ya nanti akan kita bahas dalam bedah polis asuransi pernyakit kritis bagian berikutnya. Panjang bro.. Hehehe…

Selain memenuhi persyaratan klaim early CI ini maka persyaratan berikutnya adalah masalah besar Uang Pertanggungan (UP) yang akan keluar. Untuk early CI maka UP yang akan keluar hanyalah 50% dari UP atau maksimal 500 juta saja. Misalkan Mr. X mengambil asuransi penyakit kritis CI100 dengan UP 500 juta maka besar klaim yang dibayarkan hanya 250 juta saja dan kalau Mr. Y mengambil CI dengan UP 1,8 miliar maka besar klaim yang akan dibayarkan hanya 500 juta saja. Koq gitu ? Ya logika saja untuk penyakit kritis kalau stadium awal ini khan semestinya lebih mudah disembuhkan dan biaya juga lebih murah kalau dibandingkan dengan stadium lanjut. Tapi tenang saja sisa uang akan tetap menjadi milik anda alias tidak hangus dan akan dibayarkan kalau anda mengalami kondisi sakit kritis lainnya, atau amit-amit kalau sakit kritis ini gak kunjung sembuh dan malah berlanjut ke stadium lanjut maka sisa UP ini akan dibayarkan ke anda.

3. Intermediate Critical Illness (Intermediate CI)

Kalau dari namanya harusnya sudah bisa ditebak kalau ini untuk penyakit kritis yang mulai bergerak dari stadium awal ke stadium menengah. Kalau pakai bahasa awam dalam kasus kanker artinya kurang lebih kanker sudah memasuki kondisi stadium 2. Di asuransi penyakit kritis CI100 Allianz kondisi intermediate CI ini ada 13 kondisi yang akan dibayarkan. Dan kalau ini terjadi maka Allianz akan membayarkan klaim ke nasabah sebesar 100% UP atau maksimal di nilai 1 miliar saja. Kalau sudah pernah mengajukan klaim pada kondisi early CI maka yang akan dibayarkan hanya sisanya saja sampai nilai UP atau maksimal 1 miliar. Kalau nasabah mengambil UP CI100 sebesar 1,5 miliar maka yang akan dibayarkan maksimal 1 miliar dan sisa 500 juta akan tetap menjadi milik anda bila suatu hari nanti anda terkena penyakit kritis lagi.

Contoh : Mr. X mengambil asuransi penyakit kritis CI100 Allianz dengan UP sebesar 1,8 miliar. Pada tanggal 1 Februari 2015 didiagnosa kanker paru-paru stadium awal (early CI) maka klaim akan dibayarkan sebesar 500 juta (50% UP atau maks 500 juta), kemudian di 1 Mei 2015 kondisi kankernya semakin parah dan masuk kondisi intermediate CI maka klaim yang akan dibayarkan adalah 500 juta (maksimal 1 miliar dikurangi dengan klaim early CI 500 juta). Artinya di 1 Mei 2015 ini Mr. X masih ada jatah UP penyakit kritis sebesar 800 juta.

4. Advanced Critical Illness (Advanced CI)

Sudah bisa tebak ? Ya ini kondisi penyakit kritis yang sudah memasuki stadium lanjut, kalau kanker mungkin sudah setara dengan bahasa awam stadium 3, untuk jantung telah terjadi serangan jantung, untuk ginjal sudah mengalami kondisi gagal ginjal untuk kedua ginjal. Di asuransi penyakit kritis CI100 Allianz kondisi advanced CI ini ada sebanyak 48 kondisi. Kalau nasabah kena diagnosis penyakit kritis kategori advanced CI ini maka klaim akan dibayarkan Allianz secara penuh setelah dikurangi klaim early CI dan intermediate CI jika ada. Kondisi advanced CI inilah sebenarnya yang dikenal dengan asuransi penyakit kritis generasi pertama yang akan mengcover nasabah dari penyakit kritis stadium lanjut. Ketika nasabah klaim advanced CI ini maka asuransi penyakit kritis dianggap berakhir.

5. Catastropic Critical Illness (Catastropic CI)

Kalau ini apalagi ya ? Kalau kata catastropic dari kamus diartikan sebagai “involving or causing sudden great damage or suffering”. Kalau bahasa awam mungkin bisa saja dikatakan penyakit kritis stadium akhir dimana kemungkinan hidup seseorang sudah sangat kecil. Kalau dalam bahasa kanker awam sudah stadium 4 dimana kanker sudah menyebar ke organ tubuh lainnya. Di asuransi penyakit kritis CI100 Allianz pun kondisi catastropic CI ini juga hanya 5 saja antara lain yaitu kanker dengan metastase atau kanker yang telah terjadi penyebaran ke organ tubuh lainnya atau serangan jantung yang ekstensif. Kalau ini terjadi maka Allianz akan membayarkan UP sebesar 120% dari UP awal. Misalkan UP awal 1 miliar dan nasabah didiagnosa kanker paru-paru stadium akhir yang telah menyebar ke organ tubuh lainnya maka Allianz akan membayarkan klaim sebesar 1,2 miliar. Kalau nasabah ini sudah pernah klaim early CI dan intermediate CI maka akan menjadi faktor pengurang dari total 120% UP yang akan dibayarkan ke nasabah.

Asuransi Penyakit Kritis CI100

6. Tambahan Manfaat Critical Ilness

Hampir semua asuransi penyakit kritis berbasis unit link akan memberikan manfaat tambahan kepada nasabah selain 4 klasifikasi CI di atas dan untuk asuransi penyakit kritis CI100 Allianz ada 2 tambahan manfaat CI yang akan diberikan yaitu :

Angioplasty dan tindakan invasif lainnya untuk penyakit arteri koroner misalkan nasabah ada gangguan di arteri koroner dan perlu angioplasty atau istilah awam di balon maka Allianz akan membayarkan manfaat tambahan sebesar 10% dari UP atau maksimal 75 juta saja. Klaim ini hanya akan dibayarkan Allianz 1 kali saja ya dan bukan berkali-kali. Hehehe.

Komplikasi diabetes atau kencing manis, misalkan nasabah mengalami sakit diabetes tingkat lanjut dan mengakibatkan komplikasi pada kebutaan maka Allianz akan memberikan manfaat klaim sebesar 20% dari UP atau maksimum 200 juta. Klaim ini juga hanya sekali ya, jadi kalau setelah kebutuaan terjadi komplikasi lain pada ginjal ya tidak akan dibayarkan lagi klaimnya.

Kalau saja komplikasi diabetes dan angioplasty ini berhubungan dengan kondisi early CI, intermediate CI, advanced CI dan catastropic CI pada 1 kejadian yang sama maka Allianz akan membayarkan klaim dengan nilai yang tertinggi.

7. Boleh Klaim Beberapa Kali Untuk Kondisi Penyakit Kritis Yang Berbeda

Untuk asuransi penyakit kritis CI100 di Allianz ini nasabah bisa klaim beberapa kali di klasifikasi yang sama asalkan bukan kondisi yang sama. Sebagai informasi di asuransi penyakit kritis generasi kedua ini dikenal beberapa klasifikasi seperti di atas yaitu early, intermediate, advanced dan catastropic. Sedangkan kondisi yang dimaksud adalah 100 kondisi penyakit kritis yang dipertanggungkan oleh Allianz.

Contoh Mr. X memiliki UP CI100 senilai 1 miliar dan dia diagnosa kanker paru stadium awal (early CI) maka akan keluar klaim sebesar 50% atau maksimal 500 juta dan ini artinya Mr. X masih ada sisa UP 500 juta. Kemudian setahun kemudian Mr. X ini mengalami gangguan jantung yang mewajibkan dia harus pasang alat pacu jantung (ini kategori early CI juga) maka Mr. X bisa klaim lagi 50% dari UP yaitu 500 juta. Nah pada kondisi ini maka seluruh UP sudah keluar yaitu 1 miliar sehingga asuransi penyakit kritis CI100 Mr. X dinyatakan sudah berakhir.

Contoh lain Mr. Y Memiliki polis asuransi penyakit kritis CI100 Allianz dengan UP 1,5 miliar kemudian Mr. X didiagnosa kanker paru-paru stadium awal sehingga keluar UP 500 juta dan 2 tahun kemudian kanker paru-paru Mr. X semakin parah dan masuk ke stadium intermediate maka akan keluar UP 1 miliar dikurangi dengan yang early yaitu 500 juta dan Mr. X masih ada sisa UP 500 juta. Kemudian malang 2 tahun kemudian kanker paru Mr. X semakin parah dan masuk kategori advanced sehingga sisa UP 500 juta akan keluar semuanya dan polis CI100 akan berakhir.

Biar jelas ini dia 100 kondisi penyakit kritis itu dan 4 klasifikasinya :

Asuransi Penyakit Kritis CI100 Allianz

Asuransi Penyakit Kritis CI100 Allianz

Kalo gambar di atas kurang jelas silakan bisa langsung download dari website resmi Allianz

Nah sekarang sudah tahu khan gimana mekanisme umum untuk klaim asuransi penyakit kritis CI100 dari Allianz ? Rumit ? Ya relatif tapi asuransi yang lain ada yang lebih rumit lagi. Hehehe. Next artikel kita akan membahas detail 100 kondisi penyakit kritis dari asuransi penyakit kritis CI100 Allianz.

Catatan : artikel ini adalah hasil riset dari Asuransi365 dan ini bukan interpretasi resmi dari Allianz sehingga interpretasi ini bisa saja tidak sepenuhnya tepat 100%.

Beli asuransi melalui Asuransi365 dan dapatkan free edukasi investasi dan parenting.

Salam Cerdas Finansial,

Asuransi365
Free konsultasi WA : 0811.929.365

 
Asuransi365
Hai, saya Andreas seorang Certified Financial Planner (CFP) & Insurance Consultant. Untuk free konsultasi seputar perencanaan keuangan dan asuransi silakan kontak saya via Telp/WA di 0811.929.365

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.