Investasi unit link itu mirip dengan reksadana, bahkan boleh dibilang sama dengan reksadana. Meskipun mirip atau sama dengan reksadana tetapi Asuransi365 tidak pernah menyarankan anda untuk melakukan investasi untuk pendidikan anak atau pensiun di unit link. Mengapa ? Karena ruwet, berbiaya tinggi, mahal dan tidak fleksibel dibandingkan dengan anda melakukan investasi langsung di reksadana.

Lalu buat apa ada investasi unit link ? Buat bayar premi anda setelah anda cuti premi. Misalkan cuti premi 10 tahun maka anda bayar langsung selama 10 tahun dan setelah 10 tahun anda tidak bayar lagi tetapi langsung dipotong dari hasil investasi anda sehingga asuransi anda umurnya bisa panjang hingga usia 70 tahun. (Tentang cuti premi ada di sini)

Oke kembali ke topik awal tentang investasi unit link, biasanya agen yang baik akan menjelaskan kepada anda bagaimana mekanisme unit link termasuk di dalamnya adalah porsi dan penempatan instrumen investasinya. Umumnya di investasi unit link diberikan 4 alternatif yaitu :

  1. Pasar uang (money market)
  2. Pendapatan tetap (fixed income)
  3. Campuran (balanced fund)
  4. Saham (equity fund)

Apa bedanya ? Kalau mau detail silakan baca artikel tentang investasi reksadana di sini. Secara umum sebagai berikut :

  1. Pasar uang, uang yang kita setorkan diinvestasikan di instrumen deposito, jadi secara return dia stabil tetapi gak besar paling sekitar 5-8% per tahun. Dalam dunia perencanaan keuangan reksadana pasar uang ini biasa kami sarankan untuk investasi jangka pendek di bawah 3 tahun.
  2. Pendapatan tetap, uang yang kita setorkan diinvestasikan di instrumen obligasi, nilainya sudah cenderung fluktuatif tetapi tidak ekstrem. Return ya paling sekitar 8-10% per tahun dan biasa direkomendasikan untuk tujuan jangka 3-5 tahun
  3. Campuran, uang yang kita setorkan diinvestasikan di beberapa instrumen yang dicampur yaitu saham, obligasi dan deposito. Campurannya juga ada yang lebih banyak saham tapi ada juga yang lebih banyak obligasi. Semakin banyak porsi sahamnya dia semakin fluktuatif. Return sekitar 15-20% per tahun dan biasa digunakan untuk tujuan jangka panjang di atas 5 tahun.
  4. Saham, uang yang kita setorkan diinvestasikan di instrumen saham. Ini adalah jenis yang memiliki fluktuasi paling tinggi. Karena sangat fluktuatif maka reksadana jenis saham hanya direkomendasikan untuk tujuan jangka sangat panjang di atas 10 tahun. Dalam kurum waktu 10 tahun return rata-rata bisa mencapai 20-25% per tahun.

Sekarang coba cek polis anda, uang anda diinvestasikan di instrumen apa ? Kemudian cek tujuan proteksi anda untuk apa ? Di Asuransi365 meyakini bahwa pembelian asuransi unit link itu untuk tujuan jangka panjang di atas 10 tahun sedangkan kalau di bawah 10 tahun rekomendasinya jangan beli unit link tetapi beli yang berjenis tradisional term life. Nah kalau tujuan proteksi anda di atas 10 tahun maka sudah bisa ditebak khan harusnya jenis reksadana apa yang anda pilih di unit link tersebut.

Bagaimana kalau investasi jangka panjang menggunakan instrumen reksadana pasar uang ? Hasil investasinya akan sangat kecil atau anda akan diminta menyetorkan uang dalam jumlah yang jauh lebih besar untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Nah sekarang sudah tahu khan mengapa banyak agen memberikan kepada anda investasi unit link nya di instrumen reksadana jenis saham. Atau jangan-jangan agen anda juga gak tahu maksudnya ? Hehehe.

Reksadana jenis saham ini kalau dilihat returnnya sangat menggiurkan bukan ? Tapi perlu diingat ya di atas saya menulis itu adalah rata-rata di atas 10 tahun dan bukan setiap tahun. Apakah pasti bisa dapat return 20-25% ? Saya gak bisa jamin tetapi kalau dilihat sejarah sangat mungkin terjadi untuk investasi di atas 10 tahun. Khusus untuk hasil investasi unit link Allianz saya pernah tulis di artikel di sini.

Next artikel saya akan menuliskan kepada anda tentang kelebihan dan kekurangan instrumen reksadana saham ini ya.

Yuk beli asuransi yang benar buat yang belum punya dan yuk rapikan asuransi anda kalau sudah punya bersama Asuransi365.

Beli asuransinya dan dapatkan free edukasinya bersama Asuransi365. Info lebih lanjut silakan bisa hubungi kami di 021.4060.9000 atau 0811.12.8338.

 
Asuransi365
Hai, saya Andreas seorang Certified Financial Planner (CFP) & Insurance Consultant. Untuk free konsultasi seputar perencanaan keuangan dan asuransi silakan kontak saya via Telp/WA di 0811.929.365

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.