Apa itu Asuransi – Hai, kali ini kita akan membahas tentang apa itu asuransi. Pernah di datangi oleh seorang agen asuransi ? Pasti rasanya bete dan malas berhadapan dengan yang namanya seorang agen asuransi. Bener gak ? Pasti lebih menyenangkan didatangi sama seorang tukang kredit dibandingkan seorang agen asuransi. Hehehe.

Padahal sebenarnya agen asuransi itu adalah titisan dewa loh karena dia akan membantu seseorang atau keluarga untuk memenuhi salah satu kebutuhan dasar perencanaan keuangan yang namanya asuransi. Cuman memang harus diakui banyak agen asuransi yang gak mengerti apa yang mereka jual dan mereka juga tidak memahami tentang perencanaan keuangan sehingga banyak yang akhirnya menjadi salah kaprah dan tidak sedikit berakibat fatal juga. Apalagi ada banyak agen asuransi yang menggunakan teknik menakut nakuti dan intimidasi dalam mendapatkan sebuah prospek, semakin hancur deh citra asuransi di mata masyarakat saat ini.

Balik ke topik dulu, apa itu asuransi ? Cara paling sederhana yang saya gunakan untuk menjelaskan asuransi adalah dengan menggunakan sebuah metafora atau analogi yang mudah dicerna. Coba perhatikan aliran listrik di rumah anda masing-masing, pasti anda penah melihat, memegang dan merasakan manfaat dari yang namanya MCB atau Miniature Circuit Breaker atau bahasa awamnya sekring atau kadang disebut juga jeglekan yang bentuknya seperti gambar berikut ini.

Apa itu AsuransiCoba tebak apa fungsinya ? Fungsinya adalah untuk menjaga agar arus beban tidak berlebihan akibat dari pemakaian ataupun korsleting. Misalkan suatu hari anda sedang memasak menggunakan rice cooker kemudian kabelnya terkelupas dan saling berhubungan satu sama lain sampai menimbulkan percikan api, maka pada saat itu pulalah dengan sangat cepat dan sigap sebuah MCB ini akan mengorbankan dirinya untuk rusak atau putus terlebih dahulu sehingga aliran listrik menjadi terhenti dan akibat korsleting yang lebih parah dapat terhindarkan.

Apa yang terjadi kalau sebuah rumah tanpa MCB ? Kalau terjadi korsleting sedikit saja dapat menyebabkan potensi terjadinya kabakaran di rumah anda yang dapat merambat juga ke rumah tetangga-tetangga anda.

Nah dalam perencanaan keuangan MCB ini sama dengan yang namanya asuransi. Peran dan fungsinya sama persis yaitu menjaga terjadinya arus pendek yang dapat berakibat fatal dalam sebuah rumah tangga.

Seseorang dalam keluarga bisa saja dalam hidupnya mengalami korsleting seperti sakit, kecelakaan, cacat tetap atau bahkan meninggal dunia. Kalau saja seseorang memiliki asuransi, ketika korsleting itu terjadi maka risiko menjadi lebih kecil karena semua biaya dapat dialihkan ke perusahaan asuransi. Apa yang terjadi tanpa asuransi ? Anda pasti akan “membakar” rumah anda dengan cara menjual atau menggadaikan harta dan mungkin akan merambat juga ke tetangga ataupun saudara-saudara lainnya demi meminjam uang dari mereka untuk biaya berobat dan rumah sakit.

So kalau rumah saja supaya aman dipasang dengan MCB masa kita sebagai manusia dan keluarga tidak dilindungi dengan asuransi yang baik dan tepat ?

Artikel “Apa Itu Asuransi”  ini ditulis oleh A. Hartono, CFP untuk Asuransi365

Untuk konsultasi seputar asuransi silakan bisa Call/SMS/WA ke nomor 0811.929.365


Paket MCB (Asuransi) untuk Orang Tua | Kesehatan + Sakit Kritis + Jiwa | Premi hanya 1 juta per bulan. Silakan klik untuk info detail

 
Asuransi365
Hai, saya Andreas seorang Certified Financial Planner (CFP) & Insurance Consultant. Untuk free konsultasi seputar perencanaan keuangan dan asuransi silakan kontak saya via Telp/WA di 0811.929.365

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.