Part 3

Oke, di bagian atas kayaknya kita bicara hal yang jelek-jelek ya tentang unit link sekarang yuk kita lihat sisi baiknya. Lagi-lagi unit link adalah identik dengan capcay maka keahlian koki atau agen menjadi penentu kualitas unit link yang akan dihasilkan untuk nasabah sehingga dalam perbandingan ini saya asumsikan unit link diramu oleh agen yang benar dan memahami ilmu perencana keuangan. Plus satu lagi unit link saya persepsikan hanya untuk proteksi asuransi dimana investasi yang ada dibuat secukupnya saja untuk membayar premi minimum setelah 10 tahun kita stop bayar premi. Untuk investasi seperti anak sekolah, pensiun saya kesampingkan dulu karena bisa membuat unit link lebih rumit lagi untuk dijelaskan secara tertulis.

Di unit link khususnya di Allianz ada produk tambahan atau rider yang disebut term life rider. Nah loh artinya ada produk tradisional di unit link ? Ya benar sekali tapi sayang sangat jarang digunakan atau ditawarkan agen kepada nasabahnya. Mengapa ? Bisa jadi karena tidak tahu atau tidak mengerti konsep asuransi jiwa atau karena akan mengurangi komisi. Gak tau deh. Hehehe. Kalau di Allianz term life sudah dipatok hanya satu pilihan yaitu sampai usia 70 tahun. Ya agak kaku sih tapi logis juga dengan kondisi Indonesia dimana orang tua bisa memiliki anak bayi di usia 40 tahun sehingga masih memerlukan proteksi asuransi jiwa hingga usia 65 atau 70 tahun paling lama (bukan 100 tahun loh). Tapi ada tapinya term life ini hanyalah tambahan sehingga asuransi dasarnya tetap hingga usia 100 tahun tetapi dengan mengkombinasikan asuransi dasar dengan term life akan memperkecil premi dengan signifikan dimana dengan ramuan saya dengan UP jiwa 1M usia 39 tahun cukup perlu 650 ribu saja per bulan. Bandingkan tuh dengan di atas dengan UP yang sama preminya bisa berbeda 450 ribu sebulan.

 
Asuransi365
Asuransi365 adalah sebuah portal untuk edukasi seputar perencanaan keuangan khususnya asuransi dengan pendekatan yang holistik.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.