Asuransi Dijual Atau Dibeli ? – Sebuah pertanyaan yang unik untuk para masyarakat dan juga para agen yaitu Asuransi dijual atau dibeli ? Ya dua-duanyalah pasti ada yang jual dan pasti ada yang beli. Tapi mana yang lebih dominan sebenarnya ?

Hampir 5 tahun lebih saya mengajar dunia perencanaan keuangan dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya dapat disimpulkan bahwa saat ini sebenarnya di Indonesia masih lebih dominan asuransi itu dijual bukan dibeli.

Pertanyaan umum untuk mengawali setiap sesi training adalah kalau anda mendapatkan uang sebesar 10 juta maka uang tersebut anda akan gunakan untuk apa atau mau dibelikan apa ? Menarik jawabannya yaitu ternyata mayoritas akan menjawab untuk membeli handphone atau benda-benda konsumtif lainnya kemudian ada juga yang menjawab untuk sedekah, ditabung ataupun investasi seperti dibelikan emas. Sangat-sangat jarang menemukan jawaban untuk membeli asuransi.

Apa artinya ? Secara sederhana dapat dikatakan bahwa kesadaran orang Indonesia untuk asuransi masih sangat-sangat rendah dan bisa jadi asuransi bukanlah menjadi sebuah prioritas yang harus dimiliki oleh setiap keluarga.

Asuransi Dijual Atau Dibeli

Asuransi Dijual Atau Dibeli ?

Kalau melihat data yang beredar di dunia maya estimasi saya pemilik asuransi khususnya asuransi jiwa individu di Indonesia paling maksimal hanya sekitar 10 juta orang saja. Artinya secara rasio dibandingkan dengan penduduk Indonesia masih sangat rendah sekali. Bahkan ada sebuah kecenderungan orang menjadi antipati dengan asuransi karena sering dikejar-kejar oleh agen asuransi.

Jika melihat realitas maka sudah semakin jelas kalau di Indonesia ini asuransi itu masih dijual bukan dibeli. Ini tentunya menjadi sebuah PR besar untuk para Perencana Keuangan ataupun badan regulasi seperti OJK untuk mengajak masyarakat sadar akan asuransi. Kita dulu punya gerakan Ayo Menabung, kemudian baru-baru ini ada gerakan Yuk Nabung Saham. Sepertinya dalam waktu dekat kita juga harus punya gerakan untuk Ayo Punya Asuransi.

Untuk anda yang sedang mencari asuransi ataupun mau konsultasi seputar asuransi yang sudah dimiliki saat ini silakan hubungi Asuransi365 melalui WA di 0811.929.365 dan Certified Financial Planner kami akan segera membantu anda.

Salam Cerdas Finansial

 
Asuransi365
Hai, saya Andreas seorang Certified Financial Planner (CFP) & Insurance Consultant. Untuk free konsultasi seputar perencanaan keuangan dan asuransi silakan kontak saya via Telp/WA di 0811.929.365

Leave a Reply