Asuransi Untuk Orang Tua

Asuransi untuk orang tua itu penting sekali karena secara statistik orang tua sudah mulai rentan terhadap sakit. Bahkan ada sebuah pepatah yang mengatakan banyak orang semasa muda mengumpulkan uang banyak tetapi dihabiskan di hari tuanya untuk membayar rumah sakit. Bisa jadi benar sekali pepatah ini, beberapa waktu lalu seorang klien saya bercerita bagaimana dia merawat ibundanya yang menderita sakit selama 2 tahun lebih dan selama sakit tersebut keluarga sudah menghabiskan dana hingga 600-700 juta rupiah. Bahkan kondisi keuangan klien saya pada saat itu bisa dikatakan berantakan karena harus menanggung biaya untuk orang tuanya tersebut.

Celakanya asuransi untuk orang tua itu biayanya mahal dan belum tentu bisa diterima juga oleh perusahaan asuransi karena riwayat kesehatannya sangat menentukan. Orang tua yang sudah mengalami diabetes, darah tinggi, jantung, kanker sudah dapat dipastikan akan ditolak oleh perusahaan asuransi. Maka sebagai seorang perencana keuangan saya selalu mengatakan belilah asuransi ketika anda masih muda dan sehat karena asuransi itu modalnya bukan uang yang utama tetapi kesehatan anda.

Banyak juga asumsi yang salah mengenai asuransi khususnya asuransi kesehatan dimana untuk orang yang statusnya karyawan kadang terlalu nyaman dengan apa yang dia dapatkan dari perusahaan. Umumnya perusahaan akan memberikan fasilitas asuransi kesehatan kepada karyawannya, tapi ingat ini diberikan biasanya sampai karyawan memasuki usia pensiun. Kalau sudah pensiun maka fasilitas kesehatan juga ikut pensiun loh sehingga anda harus mencari sendiri asuransi yang akan melindungi anda sampai usia lanjut nanti.

Asuransi untuk orang tua itu apa saja sih yang perlu disiapkan ? Ini dia yang perlu anda siapkan.

Asuransi untuk orang tua(4)

Pertama, asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan adalah asuransi wajib yang harus dimiliki oleh para orang tua. Beruntung saat ini Indonesia punya program yang namanya BPJS yang akan memberikan perlindungan asuransi kesehatan kepada setiap warga negaranya untuk seumur hidup. Proses pengajuannya juga simple dan boleh dikatakan apapun kondisi anda saat ini baik sehat ataupun sakit akan diterima sebagai anggota BPJS. Ayo saat ini anda sudah punya BPJS blom ? Kalau belom harus kudu segera daftar ya.

Dibalik kelebihan dan kemudahan pengajuan aplikasi ternyata BPJS juga memiliki sisi kelemahan yaitu birokrasi dan prosedural yang cukup rumit dan saat ini belum semua rumah sakit bisa menerima pasien BPJS dengan baik. Kalau untuk rumah sakit pemerintah memang lebih mudah meskipun tidak semudah kalau anda menggunakan asuransi swasta. Ya maklumlah kalau pelayanan belum maksimal karena yang sakit banyak sekali sedangkan fasilitas dan tenaga medis rumah sakit umumnya masih cukup terbatas.

Bagi beberapa orang tidak mempermasalahkan birokrasi dan prosedural dari BPJS ini sehingga ya sudah asuransi BPJS ini sudah dapat mencukupi untuk melindungi anda seumur hidup. Tapi bagi beberapa orang belum tentu cocok dengan situasi ini sehingga masih memerlukan asuransi swasta yang cukup mumpuni.

Asuransi kesehatan itu termasuk asuransi lifestyle artinya ada orang yang kalau dirawat mau kamar kelas 1 supaya lebih private tapi ada yang mau kelas 3 supaya rame dan ada teman untuk ngobrol. Belum lagi ada orang yang kalau sakit selalu kiblatnya ke Malaysia atau Singapura. Untuk orang seperti ini yang minded keluar negeri maka BPJS tentu tidak bisa digunakan sehingga asuransi kesehatan swasta menjadi solusinya.

Untuk yang mau berobat keluar negeri juga musti dicek luar negerinya mana ? Untuk orang Indonesia umumnya luar negeri itu kalau tidak Malaysia ya Singapura bukan ? Kalau untuk Malaysia biaya berobatnya relatif mirip-mirip dengan Indonesia bahkan katanya bisa lebih murah. Dari riset Asuransi365 kalau anda menginginkan berobat ke Malaysia maka pastikan anda memilih asuransi dengan kelas kamar sekitar 750 ribu per malam. Untuk asuransi dengan kelas kamar 750 ribu per malam ini masih relatif murah meskipun gak murah amat soalnya usia menentukan premi. Semakin bertambah usia maka premi akan semakin mahal.

Nah untuk yang mau berobat ke Singapura maka pastikan ambil asuransi dengan kelas kamar minimal 2,5 juta rupiah sampai dengan 8 juta rupiah. Untuk 2,5 juta bisa digunakan di rumah sakit Singapore General Hospital (SGH) seperti rumah sakit RSCM-nya di Indonesia. Kalau mau yang swasta seperti Mount Elizabeth maka pastikan kelas kamar yang dipilih di kisaran 6-8 juta per malam.

Ingat rata-rata perusahaan asuransi menerapkan sistem prorata, misalkan anda mengambil asuransi kelas kamar 500 ribu per malam kemudian anda dirawat di Mount Elizabeth Singapura dengan harga kamar 6 juta per malam maka perusahaan asuransi hanya akan membayarkan kepada anda sebesar 500 ribu dibagi 6 juta atau sekitar 8% saja. Jadi kalau total biaya berobat 100 juta maka yang akan diganti oleh perusahaan asuransi ya sekitar 8 juta saja. Maka pastikan kalau mau berobat ke Mount Elizabteh Singapura ambil asuransi dengan kelas kamar 6-8 juta per malam.

Asuransi untuk orang tua

Kedua, asuransi penyakit kritis

Asuransi untuk orang tua yang juga perlu dipertimbangkan adalah asuransi penyakit kritis. Banyak yang bilang ini tidak perlu karena ada asuransi kesehatan seperti BPJS yang akan membayar semua biaya rumah sakit. Jawabannya iya BPJS atau asuransi kesehatan akan membayar biaya rumah sakit tetapi yang dibayarkan itu hanyalah biaya-biaya yang berhubungan dengan biaya medikal seperti biaya dokter, biaya obat, biaya laboratorium dan biaya operasi. Untuk orang dengan penyakit kritis seperti kanker, jantung, stroke atau gagal ginjal tidak semua biaya yang diperlukan itu biaya medikal, masih banyak sekali biaya non medikal yang akan timbul dan diperlukan misalkan biaya transportasi dan biaya akomodasi selama berobat apalagi kalau dilakukan di luar negeri, biaya perawatan di rumah, biaya alat-alat kesehatan di rumah, biaya pengasuh, biaya obat non medis seperti herbal, jamu, sinshe atau bahkan dukun. Hehehe. Biaya non medikal ini juga tidak kecil bahkan bisa jadi lebih besar daripada biaya medikal yang diperlukan untuk kasus-kasus pasien kanker atau stroke yang dirawat di rumah. Apalagi kalau yang sakit masih kerja maka potensi kehilangan penghasilan juga sangat besar, ibarat sudah jatuh tertimpa tangga pula. Hehehe

Asuransi penyakit kritis biasanya saya sarankan bukan untuk memenuhi kebutuhan biaya medis tetapi untuk biaya non medis. Berapa yang diperlukan ? Nilainya relatif tetapi kalau cerita teman saya yang merawat ibunya selama 2 tahun yang menderita kanker dia dan keluarga besar menghabiskan dana sekitar 600-700 juta.

Asuransi untuk orang tua(2)

Ketiga, asuransi jiwa

Nah kalau yang ketiga ini merupakan asuransi untuk orang tua yang bersifat optional atau tidak wajib. Mengapa tidak wajib ? Karena sebagai orang tua biasanya sudah tidak memiliki tanggungan ekonomis lagi artinya tidak ada orang yang perlu lagi dibiayai untuk hidup. Tapi pergeseran zaman kadang tidak seperti itu, saya menjumpai banyak peserta training persiapan pensiun usia 53 tahun tapi masih ada anak yang sekolah di SD artinya masih ada orang yang perlu dibiayai hidupnya. Nah kalau seperti ini maka asuransi jiwa juga menjadi sebuah kewajiban.

Berbeda dengan asuransi kesehatan dan penyakit kritis, untuk asuransi jiwa ini relatif simple saja yaitu berapa uang pertanggungan yang diperlukan untuk membiayai hidup dan sekolah anak itulah yang anda mintakan ke perusahaan asuransi sebagai yang namanya uang pertanggungan jiwa.

Itulah 3 asuransi untuk orang tua yang perlu anda siapkan, bisa disiapkan oleh anda sendiri sebagai orang tua ataupun oleh anak yang sedang mencarikan asuransi untuk orang tuanya. Ini anak yang berbakti kepada orang tua tentunya. Hehehe.

Khusus untuk anak yang mau membelikan asuransi untuk orang tua nya, nanti di artikel berikutnya saya akan tuliskan bagaimana caranya supaya anda tidak rugi sebagai pembayar premi tetapi asuransi kesehatan dan penyakit kritis orang tua anda bisa terpenuhi.

Salam Cerdas Finansial,

Andreas H, CFP | Financial Planner & Insurance Consultant
Free konsultasi silakan hubungi 0811.929.365

 
Asuransi365
Hai, saya Andreas seorang Certified Financial Planner (CFP) & Insurance Consultant. Untuk free konsultasi seputar perencanaan keuangan dan asuransi silakan kontak saya via Telp/WA di 0811.929.365

1 COMMENT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.