Lama Perlindungan Asuransi Jiwa, Kesehatan & Penyakit Kritis

Perlindungan asuransi jiwa dalam perspektif perencanaan keuangan merupakan tujuan perencanaan primer atau boleh dikatakan ini sudah menjadi sebuah kebutuhan untuk hidup di zaman sekarang ini. Tapi pemahaman tentang asuransi ini masih saja banyak yang keliru atau kurang optimal, salah satunya adalah tentang kapan asuransi ini dipelukan dan kapan asuransi ini tidak diperlukan lagi. Untuk penjelasan awal silakan bisa melihat kembali artikel lawas saya tentang panduan asuransi dan investasi.

Oke balik lagi ke topik dan sekaligus mengulang sedikit bahwa asuransi jiwa, kesehatan dan penyakit kritis ada sedikit perbedaan karakteristik untuk :

Awal & akhir perlindungan asuransi kesehatan

Perlindungan asuransi kesehatanUntuk asuransi kesehatan, asuransi ini diperlukan bagi setiap orang sejak dilahirkan karena tidak ada yang kebal terhadap suatu penyakit apalagi untuk anak-anak usia 0-4 tahun potensi untuk sakit lebih besar dan harus segera ditangani. Coba perhatikan banyak perusahaan asuransi membebankan premi yang lebih besar untuk anak usia 0-4 tahun. Mengapa ? Ini artinya potensi risiko klaim sakit di usia 0-4 tahun itu tinggi dibandingkan usia 5-18 tahun.

Kapan asuransi kesehatan tidak diperlukan lagi ? Jawabannya adalah sampai anda meninggal dunia. So artinya asuransi kesehatan ini diperlukan seumur hidup dan ada karakteristik unik yaitu asuransi kesehatan ini menjadi sangat krusial di usia 0-4 tahun dan 60 tahun ke atas.

Awal & akhir perlindungan asuransi jiwa

Perlindungan asuransi jiwaAsuransi jiwa, asuransi ini hanya diperlukan ketika seseorang sudah memiliki tanggungan hidup baik itu anak, istri, orang tua atau saudara lainnya plus asuransi juga diperlukan ketika seseorang memiliki beban ekonomis alias utang. Atau khusus untuk anda yang berencana akan menikah dan punya anak maka asuransi jiwa ini bisa dimulai ketika anda pertama kali bekerja di usia 24 atau 25 tahun. Mengapa ? Karena semakin muda anda memulai asuransi jiwa maka premi yang akan anda bayarkan semakin murah dan biasanya orang yang pertama kali kerja pengeluaran yang dia miliki juga masih sedikit sehingga masih ada slot yang cukup untuk membayar premi asuransi jiwa.

Untuk akhir masa perlindungan asuransi jiwa biasanya sampai usia anak terkecil mencapai 25 tahun, dimana pada usia tersebut si anak seharusnya sudah bisa hidup mandiri dan sudah bisa bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Jadi asuransi jiwa prinsipnya tidak perlu sampai seumur hidup cukup sampai usia anak terkecil anda mencapai usia 25 tahun saja. Kalau lebih gimana ? Ya silakan saja tetapi bukan menjadi sebuah keharusan lagi. Karakteristik asuransi jiwa ini akan meningkat dengan lahirnya sang anak dan semakin menurun jumlah yang diperlukan ketika si anak semakin dewasa.

Awal & akhir perlindungan asuransi penyakit kritis

Perlindungan asuransi penyakit kritisNah kalau yang satu ini sedikit unik tapi cenderung lebih mirip dengan asuransi kesehatan. Secara statistik potensi terkena penyakit kritis itu cukup besar untuk anak usia di bawah 1 tahun kemudian menurun seiring bertambahnya usia anak dan naik kembali pada usia 30 tahun ke atas. Jadi untuk anak apakah perlu asuransi penyakit kritis ? Silakan kalau ada punya dana lebih khususnya apabila anak anda usianya di bawah 1 tahun. Tetapi untuk anda yang sudah berusia 30 tahun maka saat ini asuransi penyakit kritis menjadi sebuah kebutuhan sama halnya dengan asuransi kesehatan apalagi kalau anda statusnya sebagai self employee atau memiliki keterbatasan limit asuransi kesehatan.

Kapan asuransi penyakit kritis tidak diperlukan lagi ? Sama halnya dengan asuransi kesehatan maka asuransi penyakit kritis diperlukan seumur hidup dan potensi terkena penyakit kritis semakin signifikan ketika seseorang mencapai usia 65 tahun ke atas.

Salam,
Asuransi365

 
Asuransi365
Hai, saya Andreas seorang Certified Financial Planner (CFP) & Insurance Consultant. Untuk free konsultasi seputar perencanaan keuangan dan asuransi silakan kontak saya via Telp/WA di 0811.929.365

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.